Pasar Modal Syariah
544 views

Investor Indonesia Harapkan Return Tinggi

by on 18/08/2016
 

Investor Indonesia mengharapkan perolehan return yang lebih tinggi dibanding investor global dan Asia.

Schroders mengadakan Global Investor Study 2016, yang meneliti 20 ribu investor di 28 negara. Dari hasil studi tersebut terungkap bahwa harapan-harapan yang dimiliki oleh para investor Indonesia lebih tinggi dibanding investor di Asia dan global, terutama di sisi return. Secara global, 73 persen investor mengharapkan tingkat imbal hasil di atas 10 persen.

Direktur Utama Schroders Indonesia Michael Tjoajadi mengatakan, secara global rata-rata penghasilan yang diharapkan adalah 9,1 persen. “Namun, dengan tingkat suku bunga dari banyak negara yang saat ini berada pada titik terendahnya sepanjang sejarah, banyak investor yang tampaknya akan kecewa,” katanya dalam pemaparan Global Investor Study 2016, Kamis (18/8).

Di lain pihak, harapan investor Asia sedikit lebih tinggi dengan rata-rata harapan tingkat imbal hasil sebesar 9,7 persen. Sedangkan, investor Indonesia tercatat memiliki harapan tingkat imbal hasil paling tinggi yaitu 12 persen. “Investor Indonesia ini punya ekspektasi terhadap return tertinggi kedua setelah Rusia,” ungkap Michael.

Dari hasil studi terlihat bahwa hanya sekitar 27 persen investor Indonesia yang cukup senang dengan return 10 persen, 35 persen investor mengharapkan return minimal 15 persen, dan 38 persen dengan return 10-14 persen. Sementara, mayoritas investor Asia (44 persen) sudah senang menerima return kurang dari 10 persen, dan hanya 17 persen yang mengharapkan return minimal 15 persen.

Dari sisi investor global, porsi investor yang bahagia dengan return kurang dari 10 persen lebih besar lagi yaitu sebanyak 52 persen. Sedangkan, yang menginginkan imbal hasil minimal 15 persen sebanyak 16 persen. “Untuk ukuran global, harapan imbal hasil 15 persen sulit, dimana suku bunga global hanya 0-1 persen,” tukas Michael.

Schroders: 27% investor Indonesia cukup senang dengan return 10% Click To Tweet

Schroders melakukan survei global antara 30 Maret-25 April 2016 kepada investor yang akan berinvestasi sedikitnya 10 ribu euro dalam 12 bulan mendatang dan telah membuat perubahan investasi mereka dalam lima tahun terakhir. Mayoritas usia responden (75 persen) adalah 25-44 tahun. Di Indonesia, peserta survei berjumlah 200 orang mulai dari Sumatera sampai Sulawesi.

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment