Pasar Modal Syariah
294 views

Investasi di Reksa Dana Syariah, Aman Nggak, Ya?

by on 12/06/2017
 

Produk reksa dana syariah terjamin legalitasnya.

Kalau nabung di bank, nasabah dapat jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan selama tabungannya nggak lebih dari Rp 2 miliar. Nah, kalau investasi di reksa dana syariah dijamin juga nggak sih? Investasi di reksa dana syariah itu aman nggak, ya? Hmmm… ini pasti jadi sejumlah pertanyaan yang mengemuka di pikiran kamu saat mau investasi di reksa dana syariah.

Namun, kamu nggak perlu takut buat investasi di reksa dana syariah, kok. Dana investasi reksa dana syariah dikelola oleh manajer investasi yang profesional, yang memiliki keahlian berinvestasi di berbagai macam produk keuangan syariah, mulai dari sukuk, deposito syariah sampai saham syariah.

Selain itu, dana investasi kamu juga nggak akan langsung ditransfer ke manajer investasi, tapi ke bank kustodian. Manajer investasi hanya punya hak untuk membelikan produk keuangan syariah yang menjadi bagian dari portfolio investasi reksa dana syariah, seperti membeli deposito syariah, saham syariah atau sukuk. Manajer investasi tidak bisa mengambil dana investor, sehingga aman dari risiko pencurian.

Nah, kalau manajer investasi bangkrut atau bank kustodian tutup, bagaimana dong? Apakah uang kita akan hilang? Kalaupun manajer investasi bangkrut, maka uang investor akan diganti atau dana investor akan dialihkan ke manajer investasi lainnya untuk dikelola.

Sementara, jika bank kustodian tutup, dana investor juga akan tetap aman. Dana investasi yang ditempatkan di bank kustodian itu ibaratnya seperti nasabah menitipkan emas di safe deposit box di bank. Jadi karena uangnya hanya sekedar dititipkan, maka kalau terjadi apa-apa di bank kustodian, dana kamu akan tetap aman.

Selain itu, fitur keamanan investasi di reksa dana syariah lainnya adalah ketika kamu ingin mencairkan investasi reksa dana syariah. Pembayaran hasil investasi hanya akan dibayarkan ke rekening bank kamu yang ditulis saat mengisi formulir pembukaan reksa dana syariah. Jadi dana investasi kamu nggak akan kemana-mana atau nyasar ke tempat lain, tapi akan ditransfer ke rekening bank kamu sendiri.

Di lain pihak, dengan berinvestasi di reksa dana syariah memang nggak ada lembaga khusus yang menjamin dana investasi kamu seperti laiknya kamu menabung di bank. Oleh karena itu, kamu perlu memahami risikonya dengan baik sebelum memutuskan berinvestasi.

Namun, di sisi lain produk reksa dana syariah adalah produk investasi yang legal dan mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan. Meski dana investor tidak dijamin, legalitas produk reksa dana syariah tetap terjamin. Jadi pastikan kamu memilih produk reksa dana syariah yang sudah mengantongi izin OJK dan dikelola oleh manajer investasi yang tepercaya dan punya jejak rekam yang baik, ya. Happy investing!

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment