Pasar Modal Syariah
355 views

Intip Cara Pembayaran Imbal Hasil Sukuk Ritel, Yuk!

by on 12/07/2017
 

Imbal hasil sukuk ritel berkisar antara 6-12 persen.

Sukuk ritel menjadi salah satu instrumen investasi syariah yang selalu dicari oleh investor setiap tahunnya. Produk investasi yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia ini tidak hanya aman karena dijamin oleh undang-undang, tapi juga memberikan imbal hasil nan kompetitif.

Bayangkan saja, sejak penerbitan perdana sukuk ritel pada 2009 sampai saat ini, imbal hasil yang diberikan berkisar antara 6-12 persen. Lebih tinggi daripada disimpan di deposito bank kan? Makanya, masa penawaran sukuk ritel menjadi hal yang selalu dinantikan oleh masyarakat.

Nah, sebagai investor sukuk ritel so pasti kamu berhak mendapat imbal hasil dari pengelolaan investasi sukuk. Dengan sukuk ritel yang berakad Ijarah atau sewa, pemberian imbal hasil ini mencerminkan hak kamu sebagai investor atas keuntungan hasil investasi berupa besaran sewa atas hasil penyewaan aset sukuk negara.

Pembayaran imbal hasil pun dilakukan setiap bulan dan telah ditetapkan tanggal pembayarannya, jadi kamu nggak usah takut pembayaran imbal hasil akan telat, ya. Jika tanggal pembayaran imbal hasil bertepatan dengan hari libur nasional, pembayaran akan tetap dilakukan pada hari kerja berikutnya.

Misalnya, waktu pembayaran imbalan sukuk ritel dilakukan pada tanggal 10 setiap bulan. Namun, ternyata pada bulan Oktober tanggal 10 jatuh pada hari Minggu, maka pembayaran imbal hasil sukuk ritel akan dilakukan pada hari Senin, tanggal 11 Oktober.

Jadi nggak usah takut nggak bakal terima imbal hasil sukuk, karena imbalan sukuk ritel telah masuk dalam anggaran APBN. Jadi udah pasti pembayaran imbal hasil sukuk ritel kamu akan tepat waktu karena udah dijamin oleh negara. Selain itu, imbalan sukuk ritel juga akan langsung dikreditkan ke rekening surat berharga kamu.

Nah, kalau sukuk ritel punya kamu sudah memasuki waktu jatuh tempo, maka pembayaran nilai nominal dana pokok investasi kamu akan dilakukan sebesar 100 persen dari jumlah nilai nominal. Jadi seluruh dana pokok investasi akan kembali dan segera dikreditkan langsung ke rekening kamu. Oke kan?

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment