Pasar Modal Syariah
406 views

Ini Kelebihan Efek Beragun Aset Syariah!

by on 11/07/2017
 

Efek beragun aset syariah tidak berbeda signifikan dengan yang konvensional.

Dalam rangka pengembangan suplai dan memenuhi kebutuhan investor akan produk efek beragun aset sesuai prinsip syariah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan Peraturan OJK No 20 Tahun 2015 tentang Penerbitan dan Persyaratan Efek Beragun Aset Syariah. Namun, sampai saat ini belum ada perusahaan yang aktif menerbitkan instrumen tersebut.

Padahal, instrumen ini tidak kalah dengan efek beragun aset konvensional, loh. Menurut Direktur Pengelolaan Investasi OJK Sujanto, produk efek beragun aset syariah yang ditawarkan tidak punya perbedaan signifikan dengan efek beragun aset konvensional.

“Kedua jenis produk mengedepankan pengelolaan yang profesional, nilai underlying aset yang tinggi, serta pemisahan aset dan pelaporan ke investor yang komprehensif. Hanya pada efek beragun aset syariah berlaku portofolio dan akad yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, khusus Efek Beragun Aset Syariah berbentuk Surat Partisipasi, investor juga akan dapat manfaat tambahan dengan adanya fungsi perwaliamanatan. Hal itu yang akan mewakili kepentingan investor termasuk dalam hal jika mengalami kebangkrutan.

Sementara, Direktur Utama Sarana Multigriya Finansial Ananta Wiyogo menuturkan, penerbitan efek beragun aset syariah berpotensi memberikan banyak manfaat bagi industri keuangan syariah. “Penerbitan efek beragun aset syariah akan menjadi instrumen alternatif untuk memperoleh kembali dana yang disalurkan di KPR iB tanpa menunggu tagihan KPR jatuh tempo,” ujarnya.

Melalui penerbitan efek beragun aset syariah, dana akan digantikan oleh dana yang berasal dari investor pasar modal syariah. Dengan begitu dananya lebih bersifat jangka panjang, sehingga bisa mengurangi mismatch maturity pembiayaan KPR perbankan syariah.

“Selain itu, penerbitan efek beragun aset syariah akan bisa memperbesar market share pasar modal syariah dan membantu mitigasi risiko bagi bank syariah. Diharapkan pula dengan ini bisa memberi keterjangkauan kepemilikan rumah yang layak bagi masyarakat,” pungkas Ananta.

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment