Pasar Modal Syariah
574 views

Ini Cara Terbaik untuk Investasi!

by on 20/07/2017
 

Saat berinvestasi jangan lihat dari return semata.

Ingin investasi tapi masih bingung apa saja yang harus diperhatikan? Ternyata kalau mau investasi nggak hanya dilihat dari potensi return yang bisa diberikan suatu produk investasi, loh. Ada berbagai pertimbangan yang perlu diperhatikan kalau kamu mau hasil investasi nan maksimal.

Executive Vice President Intermediary Business Schroder Investment Management Indonesia Bonny Iriawan mengatakan, saat memutuskan untuk berinvestasi hendaknya janganlah dilihat semata dari return saja. Namun, perhatikanlah pula profil risiko kamu. “Pastikan investasinya sesuai risiko kita juga,” katanya saat peluncuran produk FWD Life Bebas Optimal, Kamis (20/7).

Namun, saat memutuskan untuk berinvestasi sebaiknya juga dilakukan dalam jangka panjang. Mengapa? Karena secara fundamental pasar saham akan naik. “Pasar saham di 2017 cukup positif dan baik. Sejak awal tahun pasar saham naik 11,5 persen, ini didukung oleh pasar global yang positif,” ujar Bonny.

Selain itu, lanjut Bonny, para investor juga seyogianya berinvestasi ke semua kelas aset, apakah itu saham, obligasi atau pasar uang. “Cara terbaik investasi adalah ke beberapa kelas aset sekaligus. Prosentase alokasi investasinya tergantung pada level kenyamanan investor,” tukasnya.

Dalam berinvestasi juga hendaknya disesuaikan dengan tujuan investasi. Jika tujuan investasinya jangka pendek, maka bisa diinvestasikan di instrumen pendapatan tetap seperti reksa dana pasar uang, deposito atau reksa dana pendapatan tetap. Investasi jangka menengah bisa ditempatkan di reksa dana campuran dan tujuan jangka panjang bisa di saham atau reksa dana saham.

“Meski profil risikonya risk taker, kalau punya tujuan jangka pendek, ya taruh saja dananya di deposito yang aman. Jangan di saham. Sementara, kalau profilnya konservatif, tapi punya tujuan untuk membiayai anak sekolah yang masih 20 tahun lagi, taruhlah di saham,” saran Bonny.

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment