Pasar Modal Syariah
144 views

Ini Cara Mudah Beli Sukuk Ritel di Pasar Sekunder!

by on 10/07/2017
 

Membeli sukuk ritel di pasar sekunder sangat mudah.

Sukuk ritel menjadi salah satu instrumen investasi yang selalu dinantikan oleh investor setiap tahun. Diterbitkan sekali setahun, masa penawaran biasanya dilaksanakan pada triwulan I setiap tahunnya. Dalam setiap penerbitannya, sukuk ritel ini pun selalu laris manis diborong oleh investor.

Tapi, gimana kalau kamu ketinggalan masa penawaran sukuk ritel? Apa perlu nunggu sampai tahun depan buat beli sukuk ritel? Duh, lama banget dong ya. Jangan kuatir, kamu nggak usah nunggu sampai tahun depan kok buat beli sukuk ritel. Kalau kamu ketinggalan masa penawaran perdana sukuk ritel, kamu bisa membelinya di pasar sekunder.

Apa itu pasar sekunder? Pada intinya pasar sekunder ini adalah pasar keuangan yang dipakai untuk jual-beli surat berharga yang telah diterbitkan. Terus, gimana cara beli sukuk ritel di pasar sekunder? Apa prosesnya semudah saat membeli di pasar perdana?

Setidaknya ada dua cara untuk membeli sukuk ritel di pasar sekunder. Cara pertama bisa dilakukan melalui mekanisme bursa. Melalui cara ini, kamu bisa menyampaikan minat untuk membeli sukuk ritel ke Bursa Efek Indonesia melalui perusahan efek. Nah, jika sudah terjadi kesesuaian harga antara kamu dan investor penjual sukuk ritel, maka transaksi penjualan akan diselesaikan melalui mekanisme bursa.

Cara kedua adalah melalui transaksi di luar bursa (Over The Counter), yaitu dengan cara bernegosiasi harga dengan investor yang mau menjual sukuk ritelnya. Kalau sudah terjadi kesepakatan, maka bank atau perusahaan efek yang ditunjuk akan menyelesaikan transaksi jual beli sukuk ritel tersebut.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk membeli sukuk ritel di pasar sekunder? Kamu bisa datang ke kantor cabang bank atau perusahaan efek untuk mendapatkan informasi harga pembelian sukuk ritel yang berlaku saat itu. Kemudian, bukalah rekening surat berharga sesuai aturan yang berlaku.

Berikutnya, kamu bisa mengiisi formulir pemesanan pembelian, yang diantaranya juga menyertakan nomor rekening surat berharga dan nomor rekening tabungan. Setelah itu, kantor cabang bank atau perusahaan efek kemudian akan menyampaikan minat pembelian nasabah kepada Treasury Group.

Setelah tercapai kesepakatan harga, maka kamu dapat mentransfer dana investasi sesuai kesepakatan yang terjadi. Selain itu, kamu pun harus membayar harga sukuk ritel ditambah dengan imbalan berjalan, dan sejumlah biaya yang menyertainya seperti biaya pemesanan, biaya transfer dan biaya transaksi di pasar sekunder.

Nah, jadi gimana? Cukup mudah kan membeli sukuk ritel di pasar sekunder!

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment