Knowledge Base
353 views 0 comments

Ini Arti dari Peringkat Sukuk Korporasi!

by on 29/05/2017
 

Setiap perusahaan pemeringkat efek punya simbol peringkat sukuk yang berbeda.

Dalam setiap penerbitan sukuk korporasi pasti kamu akan menemukan simbol seperti idAAA(sy) atau AAA(idn) dan sejenisnya terkait pemeringkatan sukuk. Itu apaan sih? Apa hubungannya dengan penerbitan sukuk korporasi? Apa simbol itu ada artinya buat investor?

Nah, kalau kamu menemukan simbol itu di sukuk korporasi, jangan diabaikan ya. Soalnya simbol itu merupakan nilai peringkat sukuk yang diberikan oleh perusahaan pemeringkat efek, seperti Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo), Fitch Ratings, Indonesia Credit Rating Agency, dan lainnya.

Penilaian terhadap peringkat sukuk akan terwujud dalam simbol yang terdiri dari 2-3 huruf yang disertai dengan tanda atau angka. Setiap perusahaan pemeringkat efek ini punya simbol peringkat sukuk masing-masing. Jadi antara satu perusahaan dengan yang lainnya punya simbol peringkat sukuk yang berbeda. Misalnya Pefindo dengan simbol idAAA(sy), sementara Fitch dengan simbol AAA(idn).

Apa sih arti dari simbol peringkat sukuk itu? Nah, setiap perusahaan pemeringkat efek punya definisi yang berbeda-beda soal peringkat sukuk ini. Namun, secara umum berikut adalah peringkat sukuk mulai dari yang paling tinggi sampai yang paling rendah:

AAA                       : Peringkat sukuk ini adalah yang tertinggi. Perusahaan penerbit sukuk yang mendapat peringkat ini dinilai sangat mampu untuk bisa memenuhi komitmen finansial dalam jangka panjang dan pendek dibanding penerbit sukuk lainnya.

AA atau Aa1             : Hanya dibawah satu peringkat dari peringkat sukuk tertinggi. Emiten penerbit sukuk dinilai sangat kuat untuk bisa memenuhi komitmen finansial dalam jangka panjang dan pendek.

A atau A1                : Kapasitas penerbit sukuk kuat untuk bisa memenuhi komitmen finansial jangka panjang dan pendek. Namun, sukuk dengan peringkat ini agak lebih rentan dengan perubahan keadaan dan kondisi ekonomi daripada instrumen berperingkat lebih tinggi.

BBB atau Baa1          : Peringkat ini menunjukkan penerbit sukuk punya kapasitas yang cukup. Namun, keadaan dan kondisi ekonomi yang berubah cenderung menyebabkan penerbit sukuk tidak bisa memenuhi komitmen finansial dalam jangka panjang dan pendek, relatif terhadap penerbit sukuk lainnya.

BB atau Ba1, Ba2      : Peringkat sukuk ini menunjukkan kapasitas penerbit sukuk cukup lemah. Kapasitas untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang dan pendek berdasarkan kontrak pembiayaan syariah rentan terhadap ketidakpastian atau terpaan kondisi keuangan, ekonomi atau bisnis yang tidak sesuai.

B atau B1, B2           : Sukuk ini menandakan penerbit sukuk lemah. Kapasitas penerbit sukuk untuk memenuhi komitmen finansial dalam jangka panjang dan pendek akan mudah terganggu oleh kondisi ekonomi, bisnis dan keuangan yang berubah.

CCC atau Caa1         : Peringkat ini menunjukkan penerbit sukuk rentan untuk tidak membayar karena bergantung pada kondisi bisnis dan keuangan yang menguntungkan bagi emiten untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya.

CC atau Ca1, Ca2     : Kapasitas penerbit sukuk sangat goyah untuk bisa memenuhi kewajiban keuangan.

C atau C1, C2          : Penerbit sukuk diragukan kapasitasnya dan sangat goyah sekali untuk bisa memenuhi komitmen keuangan jangka panjang dan pendek.

D atau Default          : Peringkat ini menandakan sukuk gagal bayar. Pengecualian dilakukan bila ada pembayaran gagal pada tanggal jatuh tempo dalam masa tenggang, atau bila tidak ada pembayaran disebabkan oleh sengketa komersial yang bonafide.

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment