Knowledge Base
196 views 0 comments

Informasi Apa Saja Yang Terkandung Dalam Prospektus dan Fund Fact Sheet Produk Reksadana Syariah

by on 14/06/2017
 

Meskipun masih tergolong investor reksa dana syariah pemula ataupun belum memulai sama sekali dalam reksa dana syariah, tidak ada salahnya jika kita memulai mempelajari investasi apa yang akan kita pilih.

Reksa Dana Syariah merupakan salah satu wadah investasi kolektif yang dikelola oleh manajer investasi dengan cara menginvestasikan dana kelolaan ke efek syariah berupa saham syariah, sukuk ataupun instrument syariah lainnya baik di dalam maupun luar negeri.

Pada saat pembentukan reksa dana syariah pertama kali, detail mengenai Kontrak Investasi Kolektif antara Manajer Investasi dan Bank Kustodian seperti Nama dan Jenis reksa dana, kebijakan investasi, jumlah unit penyertaan yang ditawarkan, informasi mengenai Manajer Investasi, informasi mengenai Bank Kustodian, aturan perpajakan dan pengenaan biaya reksa dana serta mekanisme subscription dan redemption reksa dana akan diinformasikan dalam suatu dokumen yang disebut dengan Prospektus

Prospektus suatu reksa dana memberikan gambaran yang detail mengenai produk reksa dana yang akan Anda pilih sebagai sarana untuk berinvestasi. Pastikan Anda menerima dan membaca prospektus reksa dana sebelum Anda membelinya. Prospektus berisi informasi penting yang menampilkan penjelasan kinerja dari Manajer Investasi terkait. Anda perlu membacanya dengan seksama sebelum melangkah lebih jauh.

Prospektus tersebut dicetak atas biaya yang ditanggung oleh Manajer Investasi dan kemudian didistribusikan kepada investor melalui Agen Penjual. Belakangan ini, demi alasan efisiensi dan kepraktisan, versi hardcopy daripada prospektus sudah semakin jarang dijumpai. Kalaupun ada bentuknya lebih kecil dan ringkas. Malahan banyak Manajer Investasi dan Bank Agen Penjual mencantumkan softcopy daripada prospektus pada website mereka agar setiap saat bisa diakses oleh investor. Sesuai dengan aturan, Investor wajib membaca dan memahami dokumen ini sebelum berinvestasi pada suatu reksa dana.

Berikut berbagai informasi dan Contoh Propektus yang terkandung di dalam prospektus:

 

Tujuan dan Kebijakan Investasi
Setiap reksa dana memiliki tujuan yang berbeda dalam pengelolaannya. Pada umumnya, tujuan investasi adalah untuk mendapatkan pertumbuhan investasi yang optimal dalam jangka panjang pada tingkat risiko tertentu.

Informasi Kinerja
Kinerja reksa dana ditampilkan dengan menunjukkan data return reksa dana dalam periode tertentu. Besar dan kestabilan return dari suatu reksa dana menentukan kinerja dari suatu reksa dana. Perlu diperhatikan bahwa kinerja di masa lalu belum tentu menggambarkan kinerja di masa datang.

Strategi Investasi
Prospektus akan memberikan gambaran jelas mengenai strategi dari suatu reksa dana. Penjelasan ini dapat berupa komposisi investasi pada saham atau obligasi, maupun keduanya.

Risiko
Pastikan Anda membaca dan memahami risiko yang terkandung di dalam reksa dana yang Anda pilih, sesuaikan dengan profil risiko Anda.

Biaya
Prospektus akan memberikan informasi rinci mengenai segala bentuk biaya yang akan dibebankan kepada investor ketika melakukan transaksi pembelian, penjualan kembali, pengalihan reksa dana, maupun biaya jasa manager investasi.

Informasi bagi Pemegang Saham
Prospektus akan memberi informasi yang memadai mengenai pembelian dan penjualan reksa dana. Berbagai informasi mengenai biaya yang dibutuhkan selama berinvestasi di reksa dana seperti minimum investasi awal, biaya yang harus dibayarkan terkait proses pembelian, penjualan kembali, dan pengalihan reksa dana akan disebutkan secara terperinci pada Prospektus.

Profil Finansial Reksa Dana
Tabel yang menjelaskan mengenai perkembangan NAB (Nilai Aktiva Bersih) dari periode awal hingga periode terkini akan ditampilkan pada prospektus. Penjelasan ini berupa total nilai aset awal hingga perkembangan nilai total aset terkini.

Prospektus mengandung banyak informasi penting. Sekalipun tampilan informasi di dalamnya banyak ‘dianggap’ membosankan dan memerlukan pemahaman yang tinggi, prospektus akan sangat membantu Anda dalam memberikan gambaran yang gamblang mengenai prospek dari reksa dana itu sendiri di masa yang akan datang.

Setelah pengelolaan reksa dana syariah berjalan, maka Manajer investasi wajib mengumumkan informasi perkembangan kinerja harian berupa NAB/Up, Return 30 Hari Terakhir, Return 1 Tahun dan Return 1 Tahun Riil setiap hari kerja pada media massa. Selanjutnya setiap akhir bulan, Manajer Investasi juga wajib mempublikasikan suatu dokumen yang disebut Fund fact sheet

Apa Sih itu Fund fact sheet ?

Fund fact sheet adalah informasi yang berisikan data manajer investasi, tujuan investasi suatu reksa dana, batasan investasi, komposisi portofolio, lima besar efek dalam portofolio, kinerja historis, ulasan manajer investasi dan disclaimer atau pernyataan peringatan, yang mampu memberikan gambaran singkat mengenai kinerja suatu reksa dana. Informasi pada fund fact sheetakan di-update setiap bulan.

 

Nama Perusahaan Aset Manajemen
Perusahaan Manajer Investasi yang mengeluarkan produk reksa dana tersebut dan yang mengelola dananya

Nama Produk Reksa Dana
Nama produk reksa dana yang datanya tertera di fund fact sheet tersebut

Harga NAB/Unit
Harga reksa dana per unit di akhir bulan tersebut (dalam satuan NAB/Unit)

Profil Perusahaan Aset Manajemen
Sekilas mengenai perusahaan Manajer Investasi

Profil Produk Reksa Dana
Umumnya berisi tentang kapan reksa dana tersebut pertama kali diluncurkan, berapa total dana kelolaan reksa dana tersebut, serta biaya-biaya.

Tujuan Investasi
Berisi tujuan yang diharapkan oleh Manajer Investasi dari produk reksa dananya tersebut. Umumnya ditampilkan juga apakah produk reksa dana tersebut bertujuan lebih optimal untuk jangka pendek, menengah, atau panjang.

Kebijakan Investasi
Menampilkan kebijakan Manajer Investasi terhadap produk reksa dananya ini, seperti jumlah presentase alokasi dana kelolaan yang diinvestasikan.

Kinerja Reksa Dana
Berisi kinerja dari reksa dana, yang umumnya dibandingkan dengan tolok ukurnya (indikator pembanding). Produk reksa dana yang baik umumnya memiliki kinerja yang sama ataupun lebih tinggi dari indikator pembandingnya.

Alokasi Aset
Berisi data dimana saja dana para investor diinvestasikan/dikelola oleh Manajer Investasi.

Disclaimer
Berisi pernyataan bahwa investasi mengandung risiko, oleh karena para calon investor pelru mempelajarinya terlebih dahulu (membaca prospektus). Tentunya Anda tidak ingin dana yang sudah Anda keluarkan untuk investasi di reksa dana sia-sia, bukan? Mari pelajari prospektus dan fund fact sheet dengan lebih seksama demi masa depan investasi Anda!

Berdasar penjelasan di atas, kamu kini bisa memahami informasi apa saja yang terkandung dalam Prospectus ataupun Fund fact sheet Jadi dengan dirimu memahami informasi yang terkandung maka semakin yakin produk investasi reksadana syariah itu merupakan produk yang menjanjikan, jangan lupa untuk terus menambah investasi reksa dana syariah kamu, ya.

“Penyebutan produk investasi di atas tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus ataupun buruk, serta rekomendasi jual beli atau tahan untuk instrumen tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis.”

Mau belajar investasi syariah di pasar modal? Follow sosmed Pasar Modal Syariah sebagai berikut:

Website: www.akucintakeuangansyariah.com

Fanpage FB: @pasar modal syariah

Twitter: @acekaes

Instagram: @pasar_modal_syariah

Whatsapp Grup: 081807882602

Telegram: @PasarModalSyariah

 

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment