Pasar Modal Syariah
368 views

Financial freedom “When You No Longer Have To Worry About Money”

by on 12/09/2017
 

Robert T. Kiyosaki pakar di bidang keuangan di Amerika Memaparkan “Kebebasan Keuangan atau Financial Freedom itu bukan kaya, bukan harta berlimpah. Kebebasan keuangan itu adalah kondisi Anda bebas, benar-benar bebas menjadi diri Anda dan benar-benar bebas menjalankan hal-hal yang Anda sukai.”

Secara Umum Financial freedom memiliki makna kondisi di mana seseorang bebas secara finansial, dalam artian, keadaan di mana seseorang memiliki kekayaan yang mencukupi segala kebutuhannya untuk hidup tanpa harus bekerja sangat keras dan aktif untuk memenuhi kebutuhan yang sangat dasar seperti makan atau pun membeli pakaian yang biasa disebut sebagai passive income.

Seseorang dikatakan telah mencapai kebebasan keuangan (Financial Freedom) adalah pada saat penghasilan passive income yang rekan-rekan miliki melebihi semua pengeluaran – pengeluaran kalian baik itu kebutuhan rumah tangga,cicilan, kebutuhan rutin dan non rutin.

Financial freedom#FinancialPlanner#PasarModalSyariah#DuniaInvestasi Click To Tweet

Mengapa penghasilan passive dan bukan active?passive artinya anda tidak harus bekerja untuk uang melainkan uang yang bekerja untuk anda. Robert Kiyosaki dalam bukunya Rich Dad Poor Dad beliau memaparkan mengenai konsep bagaimana penghasilan dari aset aktif bisa lebih besar dari pengeluaran bulanan. Sebagian besar masyarakat yang dimaksud asset aktif adalah bisnis, properti, dan surat berharga.

Dengan 3 aset aktif tersebut memberikan hasil sebesar pengeluaran bulanan rekan-rekan sekalian. Apabila hal tersbeut telah tercapai  mungkin saja Anda sudah mencapai financial freedom. Akan tetapi menurut Robert Kiyosaki, tidak semua orang bisa mencapai kebebasan keuangan atau financial freedom. Kebebasan keuangan hanya dapat diraih bagi masyarakat yang mau belajar dan bekerja untuk mencapai kebebasan keuangan tersebut.

Hal ini dimaksudkan bagi seseorang yang telah memiliki ke tiga asset diatas akan tetapi tidak bisa mengurusnya sehingga disaat anak masuk sekolah, Anda tidak memiliki uang. Saat mau berlibur, juga tidak ada dananya. Dikarenakan uang yang dihasilkan dari ketiga asset tersebut yaitu bisnis, properti, dan surat berharga menguap begitu saja tanpa ada dana yang tersisa untuk dapat di investasikan secara rutin untuk mencapai tujuan finansial. Jadi, ini dua hal yang berbeda. Aset aktif bertugas menghasilkan uang. Investasi rutin bertugas mengumpulkan dan menumbuhkan sejumlah uang agar bisa digunakan di masa depan

Dengan kaloborasi kedua hal tersebut maka diperlukan sejak dini Anda mulai melakukan tindakan nyata, mulailah dengan membentuk pola pikir perencanaan keuangan dan miliki rencana keuangan yang baik untuk mencapai kebebasan keuangan yang anda inginkan. Dimana kondisi disaat anda tidak perlu bangun pagi hanya untuk berangkat kekantor,kerja seharian untuk memperoleh gaji untuk membayar cicilan rumah dan kendaraan dirimu dengan kebebasan keuangan mu dapat melakukan kegiatan – kegiatan yang anda sukai yang dimana dapat menghasilkan uang secara otomatis untuk memenuhi segala kebutuhan hidup rekan-rekan sekalian.

Jadi mari kita sejak dini melek atas pentingnya investasi baik itu di dunia property, emas,saham syariah, surat hutang Negara syariah dan reksadana syariah untuk memperoleh kebebasan keuangan yang kita dambakan di masa pensiun kelak.

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment