FAQ

 

Tentang apa situs ini?
Tentang ekonomi syariah pada umumnya dan keuangan syariah pada khususnya. Sulit dipungkiri, bahwa ketika bicara tentang ekonomi syariah, yang muncul duluan adalah tentang keuangan syariah, lebih spesifik lagi, perbankan syariah.

Jadi ini situs tentang perbankan syariah?
Bisa ya, tapi tidak semua kontennya harus melulu tentang perbankan syariah. Bahwa industri perbankan adalah jantungnya ekonomi, sulit dimungkiri inilah yang membuat, ketika bicara ekonomi syariah, ya kita akan bicara tentang perbankan syariah. Meski begitu, situs ini akan bicara soal ekonomi syariah yang tidak hanya perbankan syariah, seperti bicara tentang sektor riil syariah, filantropi Islam, dan sektor keuangan syariah non bank seperti asuransi dan pasar modal syariah.

Mengapa situs ini ada?
Situs ini adalah salah satu inisiatif dalam program ACKS – Aku Cinta Keuangan Syariah. Brand ACKS program sosialisasi dan edukasi keuangan syariah yang dilakukan oleh Departemen Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan (DPbS OJK) pada 2015. Program ACKS diadakan karena adanya fakta bahwa: (1) pemahaman masyarakat tentang Produk dan Layanan bank syariah masih rendah; (2) kualitas dan kuantitas SDM dan teknologi. Fakta yang menyebabkan: (1) keunggulan produk bank syariah belum terlihat (Distinctiveness); (2) service excellent di bank syariah belum setara dengan bank konvensional; (3) kurangnya support dari Induk kepada anak usaha syariah; (4) financial inclusion belum banyak didukung oleh perbankan syariah, hal ini antara lain karena masih terbatasnya bank syariah yang menyasar segmen usaha kecil dan mikro.

Apa yang bisa saya dapatkan dari situs ini?
Anda bisa bergabung sebagai anggota situs ini yang kami sebut sebagai relawan ekonomi syariah. Anda dapat bersilaturahmi, berkolaborasi, berdiskusi, dan berkreasi di situs ini. Berkreasi misalnya, membuat konten terkait ekonomi syariah. Situs ini dibuat sebagai platform komunitas yang dapat dimanfaatkan oleh siapa saja, misalnya profesional di industri syariah, konsumen atau nasabah produk syariah, regulator, peneliti dan pengajar, konsultan dan pengamat, mahasiswa, dan sebagainya.

Untuk siapa situs ini?
Pada dasarnya situs ini dibuat untuk umum, dengan misi menyosialisasi dan mengedukasi ekonomi syariah kepada masyarakat. Oleh karena itu, kami mengajak para penggiat dan peminat ekonomi syariah untuk bergabung di situs ini untuk mewujudkan misi tersebut. Kami sadar, tidaklah mungkin edukasi dan sosialisasi ekonomi syariah dilakukan sendirian.

Menurut saya sosialisasi dan edukasi ekonomi syariah salah paradigma selama ini!
Baik, silakan bergabung di situs ini dan mari berdiskusi. Kemukakan kritik dan gagasan Anda lewat konten, misalnya artikel atau video dan audio. Buat topik diskusinya di Forum Diskusi yang kami sediakan. Atau, buat Group-nya untuk mengumpulkan teman-teman yang satu visi dan mencari dukungan. Lalu, buat kegiatan atau gerakan bersama teman-teman yang dapat menyokong gagasan Anda tersebut.

Saya ada ide penelitian, bisakah membantu saya mendapat dana penelitian?
Insyallah, jika ide penellitian Anda cukup orisinal dan dibutuhkan oleh industri. Sama seperti di atas, promosikan ide Anda tersebut, buat forum diskusi, bahkan mungkin Group-nya, lalu undang beberapa rekan peneliti untuk bergabung. Bersama mereka, berkolaborasilah di Group Anda untuk membuat proposal penelitian bersama, sekaligus mencari prospek lembaga donor. Kami hanya menyediakan platform komunitasnya, namun dalam kondisi tertentu, kami juga menyokong kegiatan penelitian, misalnya dalam kegiatan Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah (FREKS).

Konten apa yang dapat dibuat di sini?
Anda dapat membuat konten apa saja seputar dan atau terkait dengan ekonomi syariah. Baik itu konten berupa artikel, update status, hingga postingan di forum diskusi. Anda dapat menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Konten yang dibuat tidak menjurus SARA dan secara jelas mengampanyekan pihak politik tertentu.

Baik, bagaimana lisensi konten di situs ini?
Ketika Anda membuat konten dan memublikasikannya di situs ini, maka Hak Cipta ada pada Departemen Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan (DPbS OJK). Hak Cipta yang belaku secara keseluruhan untuk situs ini. Namun, sesuai filosofi untuk berbagi ilmu pengetahuan, kami membolehkan konten-konten tersebut diambil dan dipakai orang lain, misalnya untuk dipasang di blog/ website mereka, selama bukan untuk kepentingan komersial. Tentu atribusi kepada pembuat konten, yaitu Anda dan DPBS OJK menjadi syarat penggunaan konten oleh orang lain tersebut. Dengan kata lain, kami mengadopsi lisensi Creative Commons license Attribution – NonCommercial – Share Alike (BY-NC-SA). Baca di sini untuk jelasnya.

Dapatkah saya menghapus keanggotaan saya?
Untuk itu, silakan ajukan permintaan via email ke [email protected].

Siapa di belakang situs ini?
Sebagai salah satu inisiatif dalam program ACKS – Aku Cinta Keuangan Syariah, situs ini didanai oleh program ACKS dan oleh karenanya secara administratif dimiliki oleh Departemen Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan (DPbS OJK).

Adakah pihak ketiga yang terlibat dalam situs ini?
Untuk pembangunan dan pengelolaan teknis, DPbS OJK mewakilkannya kepada PT Tribuwana Cahya Ananta, pemilik portal berita ekonomi syariah, MySharing.

Baik, kalau begitu kepada siapa Saya bisa menghubungi, misal untuk komplain atau mengajukan penawaran kejasama?
Korespondensi dimaksud hanya untuk urusan terkait situs ini. Dapat mengirim email ke: