Pasar Modal Syariah
519 views

DSN MUI : Sukuk Diaspora, Saling Mengabdilah untuk Nusantara

by on 21/10/2016
 

Sukuk diaspora bisa meningkatkan kepercayaan WNI di luar negeri dalam berinvestasi di instrumen keuangan syariah.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendukung penerbitan sukuk diaspora dan akan mengkajinya. Wakil Ketua OJK Rahmat Waluyanto menyebutkan, sukuk diaspora merupakan wujud kontribusi WNI dalam pembangunan negara.

Selain itu, sukuk ini juga merupakan upaya dalam mendukung perkembagan sukuk di industri jasa keuangan. Karena dengan sukuk ini, WNI yang sukses di luar negeri bisa berinvestasi di instrumen keuangan syariah tersebut.

“Sukuk ini bisa meningkatkan kepercayaan dan confidence para pekerja migran Indonesia bahwa ada yang diinvestasikan, selain aman, juga akan digunakan untuk pembangunan ekonomi negara,” kata Wakil Ketua OJK, Rahmat Waluyanto, di Jakarta, Selasa (18/10).

Terkait sukuk diaspora ini,  Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) juga mendukung. Namun demikian, menurut Ketua Bidang Pasar Modal Syariah DSN MUI Iggi H. Achsien, bahwa rencana penerbitan sukuk dispora ini baru langkah awal, yang tujuannya agar WNI di luar negeri bisa sumbangsih dalam pembangunan di Indonesia baik itu di bidang ekonomi syariah maupun infrastruktur.

“Ya, sukuk diaspora ini baru langkah awal. Jadi, WNI yang sukses di luar negeri bisa membeli sukuk ini sebagai sumbangsih,” kata Iggi ditemui AkuCintaKeuanganSyariah pada Roadshow to Invesment of Festival 2016 di Main Hall Bursa Efek (BEI), Jakarta, Rabu (19/10).

Agar WNI di luar negeri bisa sumbangsih membangun negeri Click To Tweet

Iggi meminta diaspora dan para pemangku kepentingan bertemu dalam upaya pembentukan surat utang syariah ini. ¬†“Saya nggak mau kalau ada ego sektoral dalam penentuan syarat dan ketentuan sukuk diaspora, seperti misalnya mereka minta pajak dibebasin. Saling mengabdilah untuk Nusantara ini,” tegas Iggi.

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment