Pasar Modal Syariah
804 views

Di Balik Penjurian Lomba Blog Investasi Syariah

by on 18/07/2016
 

Begini proses penjurian lomba blog investasi syariah.

Saya tidak merekomendasikan Bahtiar H. Suhesta sebagai salah satu pemenang lomba blog investasi syariah ini. Alasannya, karena Pak Bahtiar, begitu saya biasa menyapanya, sudah pernah menang di lomba blog yang kami kelola. Tepatnya, pada iB Blogger Competition 2015 Periode II, di paruh akhir tahun lalu.

Tapi, saat itu ajangnya adalah lomba blog perbankan syariah, kali ini, kami mengelola lomba blog investasi syariah dengan principal yang berbeda. Jika pada iB Blogger Competition, kami mengelola lombanya untuk Departemen Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan (DPbS OJK), pada lomba blog investasi syariah, kami mengelolanya untuk Direktorat Pasar Modal Syariah Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kami juga tidak pernah mempersyaratkan, bahwa yang sudah pernah menang tidak boleh ikut lomba blog ini. Dan memang ada banyak peserta iB Blogger Competition mengikuti lomba blog investasi syariah kali ini.

Sebelum menghitung nilai pada masing-masing kriteria yang ditentukan, sebagian Dewan Juri dari DPMS OJK mengisyaratkan salah satu artikel favoritnya adalah yang dibuat oleh Pak Bahtiar ini. Sebaliknya, saya tidak memfavoritkannya. Maaf ya Pak Bahtiar, saya ingin yang lain berkesempatan menang.

Namun, Dewan Juri harus stick to the rule. Kami pun membaca ulang 10 artikel yang dinominasikan sebagai pemenang. Membaca sambil membahas dan berdebat tentunya. Nah, ketika nilai dari masing-masing juri dijumlahkan, Pak Bahtiar dapat nilai 150, tertinggi dari yang lainnya. Diikuti oleh Faisal A. Sulhan di angka 136,5. Lalu artikel dari Vicky Laurentia di angka 130. Baca juga: Para Pemenang Lomba Blog Investasi Syariah

Saya memang menjagokan Faisal A. Sulhan, karena meskipun artikelnya tidak naratif, namun concise untuk menjelaskan tentang investasi syariah. Dan lagi, saya melihat profilnya bukan sebagai bloger yang sering menang lomba. Jadi, ceritanya, saya ingin memberikan kesempatan kepadanya.

Tiga set pemenang ini juga tidak langsung diputuskan. Kami berdebat lagi dan membaca ulang lagi. Sampai akhirnya, diambil suara, tiga set pemenang ini pun disepakati untuk diputuskan.

Pembaca yang budiman, lomba blog bulankah lomba SEO (search engine optimization). Jadi, keputusan juri berdasarkan kriteria haruslah hati-hati diambil. Kriteria harus jelas dari awal, kami umumkan di landing page lomba. Dan, di era penjurian, metode pengukuran kriteria tersebut harus juga merepresentasikan kualitas dari karya yang dilombakan. Oleh karena itu, masing-masing anggota Dewan Juri mengisi form penilaiannya sendiri, lalu dijumlahkan semua. Sudah begitu, masih diperdebatkan juga.

Tentu kredibilitas principal dan kami sebagai pengelola menjadi taruhannya. Untuk kejelasan, berikut ini metode pengelolaan lomba dan penjuriannya:

Pertama, sejak peserta mendaftarkan artikelnya via landing page, kami langsung mengecek artikel si peserta. Persyaratan administratif adalah yang kami cek pertama kali seperti jumlah minimum karakter, backlink, dan pemasangan banner lomba. Tentu kami perlu membaca artikel tersebut. Lebih lagi, karena kami harus menayangkan sebagian dari artikel tersebut di situs lomba. Jadi, kami perlu memilih mana bagian yang menarik dari artikel tersebut untuk di-copy paste.

Kedua, masuk periode penjurian, kami membaca seluruh artikel satu persatu. Minimal dua kali membacanya karena kami harus mengambil 10 artikel nominasi. Beberapa artikel memiliki kualitas hampir setara, namun selalu ada celah yang membedakannya. Nah, untuk itulah perlu dibaca berulangkali, untuk memastikan artikel tersebut memenuhi kriteria penjurian.

Ketiga, setelah memeroleh 10 artikel, kami bagikan ke Dewan Juri untuk dilakukan penilaian terpisah. Jadi, saya tidak tahu nilai yang diberikan oleh Juri lain. Baru pada 15 Juli kemarin, Dewan Juri mengadakan pleno untuk menentukan hasil.

Nilai diberikan untuk masing masing kriteria berdasakan skala 1 – 10. Penilaian mempertimbangkan kriteria:
KBE = Kata Baku dan Ejaan (lihat bagian: “Kata Baku, Ejaan, dan Referensi”)
UT = Unsur Tulisan (lihat bagian “Unsur Tulisan”)
OMK = Orisinalitas dan Muatan Konten (lihat bagian “Orisinalitas dan Muatan Konten”)
SW = Struktur Wacana
K3 = Kohesi dan koherensi konten, apakah tulisanmu cukup mudah dibaca? Gagasannya mengalir dari paragraf ke paragraf? Apakah penggunaan kalimatnya efisien? Intinya, jika artikelmu mudah dipahami dan menarik, kemungkinan besar kontennya cukup kohesif dan koheren.
P = Pemahaman akan keuangan syariah pada umumnya dan pasar modal syariah pada khususnya.

Kata Baku, Ejaan, dan Referensi
Lomba ini mempersyaratkan penggunaan kata-kata baku dan ejaan yang disempurnakan (EYD). Kalaupun menggunakan kata non baku (slang) atau istilah asing, harap hanya sebagai pelengkap.

Unsur Tulisan

  1. Pemaparan impianmu untuk #10TahunLagi
  2. Mengapa Kamu merencanakan itu?
  3. Bagaimana caramu untuk mewujudkan impianmu itu?
  4. Investasi syariah dapat membantumu mewujudkan rencana itu

Orisinalitas dan Muatan Konten

  1. Tulisan harus sesuai dengan topik dan bukan hasil salinan atau saduran.
  2. Kutipan wajib mencantumkan sumber.
  3. Tulisan tidak boleh melanggar hak kekayaan intelektual pihak manapun dan bermuatan SARA.

Struktur Wacana
Bagaimana artikel disusun secara logis dan runtut. Sehingga pembaca memahami dengan mudah artikelnya. Panitia memang menyarankan penggunaan wacana narasi, namun tidak menutup kemungkinan jika menggunakan wacana jenis lainnya.

Proses penjurian sebelum disupervisi oleh Direktur dan Deputi Direktur DPMS OJK, Jumat, 15 Juli 2016. Foto: ACKS

Proses penjurian sebelum disupervisi oleh Direktur dan Deputi Direktur DPMS OJK, Jumat, 15 Juli 2016. Foto: ACKS

Pleno Dewan Juri pada 15 Juli 2016 dihadiri oleh:

  1. Fadhillah Kartikasari, Direktur Direktorat Pasar Modal Syariah OJK (supervisi)
  2. Muhammad Touriq, Deputi Direktur Direktorat Pasar Modal Syariah OJK (supervisi)
  3. Dien Sukmarini, Kepala Bagian Hubungan Kelembagaan dan Informasi, Direktorat Pasar Modal Syariah OJK
  4. Andri Wicaksono, Kepala Sub Bagian Hubungan Kelembagaan dan Informasi, Direktorat Pasar Modal Syariah OJK
  5. Firman Nur Rahman, Staf Hubungan Kelembagaan dan Informasi, Direktorat Pasar Modal Syariah OJK
  6. Erlisa Dyah Pertiwi, Staf Hubungan Kelembagaan dan Informasi, Direktorat Pasar Modal Syariah OJK
  7. Ibrahim Aji, Chief Editor MySharing, pengelola lomba ini dan situs Aku Cinta Keuangan Syariah

Ketika membahas rencana lomba blog ini beberapa bulan lalu, saya sempat khawatir dengan jumlah peserta yang ikut. Untuk perbankan syariah saja, belum banyak yang paham. Apalagi jika lomba blognya adalah tentang Pasar Modal Syariah. Oleh karena itu, DPMS OJK pun mengadakan workshop investasi syariah gratis, untuk para bloger pada April lalu.

Alhamdulilah, dalam kondisi tidak banyak bloger investasi di jagat maya, kami masih mendulang 65 artikel dalam 3 bulan. Sebelumnya pada iB Blogger kami mendulang 95 artikel di rentang 3 bulan.

Kami juga melihat mulai tumbuhnya pemahaman akan pasar modal syariah dari artikel yang didaftarkan. Juga, banyak juga para investor yang ikut lomba ini. Misalnya, pemenang ketiga, Vicky Laurentia. Namun, Dewan Juri juga tidak mempersyaratkan peserta atau pemenang harus menjadi investor di pasar modal syariah.

Nah, jadilah Pak Bahtiar menang lagi. Tidak heran, karena bagi saya, Beliau ini langganan menang lomba blog. Mungkin, seperti penyanyi, Harvey Malaiholo di era ’80-an yang sering menang festival menyanyi.

Ikuti kuis investasi syariah di Facebook Fan Page Pasar Modal Syariah! Click To Tweet

Mewakili Dewan Juri, kami mengucapkan selamat kepada para pemenang. Juga terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para peserta, karena tanpa Kamu semua, lomba ini akan gagal..:D

Untuk lomba berikutnya, ada perubahan paradigma, sesuai tren di jagat maya juga, kami akan lebih banyak ‘bermain’ kuis di Facebook. Jadi, belum tahu apakah lomba blog akan diadakan lagi oleh DPMS OJK. Namun, Kamu bisa ikut kuis di Facebook, yang meski hadiahnya tidak sebesar lomba blog, tapi akan sering dilakukan.

Jadi, stay tuned di fan page Pasar Modal Syariah dan Aku Cinta Keuangan Syariah, jangan lupa untuk mengelike FP-nya ya..:D

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment