Pasar Modal Syariah
873 views

Dengan Rp 244 Ribu Sebulan, Anak Sudah Bisa Kuliah!

by on 21/06/2017
 

Menyiapkan dana pendidikan anak bisa melalui investasi di reksa dana syariah.

Biaya pendidikan anak yang terus naik dari tahun ke tahun bikin pusying nggak, sih? Sebagai orang tua, kamu pasti ingin memberikan pendidikan yang terbaik bagi sang buah hati. Tapi, kalau mau nyekolahin anak di sekolah yang berkualitas baik tentu butuh biaya yang nggak sedikit. Oleh karena itu, untuk persiapan pendidikan anak ini harus direncanakan dengan baik.

Nah, untuk menyiapkan dana pendidikan anak ini bisa dilakukan dengan berinvestasi di reksa dana syariah, loh. Namun, hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam merencanakan dana pendidikan anak adalah dengan menghitung dulu berapa kebutuhan biaya pendidikannya.

Cari tahu berapa biaya pendidikan di sekolah yang kamu inginkan untuk anakmu saat ini, kemudian buatlah perkiraan berapa dana yang dibutuhkan ketika anak akan masuk sekolah nanti. Jangan lupa masukkan pula angka inflasi dalam penghitungan kamu, ya.

Perencana Keuangan QM Financial Ligwina Hananto memberikan contoh, jika saat ini anak kamu berusia 1 tahun dan kamu sudah ingin menyiapkan dana kuliah untuk sang buah hati, maka dana yang diperlukan di masa sekarang sekitar Rp 60 juta. “Namun, untuk 17 tahun mendatang itu butuh sekitar Rp 411 juta,” ujarnya.

Jika kamu memilih untuk menabung, maka kamu harus menyisihkan Rp 2 juta per bulan selama 17 tahun. Tapi, kalau opsi itu tidak menjadi pilihan kamu, maka pilihlah investasi di instrumen reksa dana syariah yang bisa memberikan return sekitar 20 persen per tahun.

Dengan rentang waktu selama 17 tahun, maka reksa dana syariah saham bisa menjadi pilihan kamu, karena instrumen itu cocok untuk investasi di atas 10 tahun. Nah, dengan investasi di reksa dana syariah saham yang indikasi bagi hasilnya 20 persen per tahun, maka kamu cukup menyisihkan dana sebesar Rp 244 ribu per bulan saja, loh!

Jangan lupa untuk disiplin dalam berinvestasi reksa dana syariah, ya. Ini penting agar tujuan keuanganmu tercapai. Sisihkan penghasilan kamu setiap bulan demi memenuhi kebutuhan biaya pendidikan buah hati tercinta kelak. Investasi memang ada risikonya, tapi risiko akan jauh lebih besar bila kamu nggak investasi.

Seperti yang mbak Ligwina bilang, “Kalau nggak berinvestasi itu risikonya jauh lebih besar. Karena kalau nggak investasi, uangnya nggak akan nyampe untuk sampai tujuan (karena tergerus inflasi),” tegasnya. Jadi, siapkan dana pendidikan sang buah hati dari sekarang, yuk!

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment