Knowledge Base
207 views 0 comments

Cari Tahu Perbedaan Sukuk Ritel dan Sukuk Tabungan, Yuk!

by on 17/07/2017
 

Sukuk tabungan punya fitur yang berbeda dengan sukuk tabungan.

Sudah selama delapan tahun terakhir, pemerintah Indonesia hanya menawarkan sukuk ritel sebagai pilihan instrumen investasi syariah bagi investor individu. Namun, mulai tahun lalu pemerintah Indonesia melakukan diversifikasi instrumen investasi syariah bagi investor individu dengan memperkenalkan sukuk tabungan.

Kedua instrumen investasi syariah ini punya sejumlah persamaan, yaitu ditujukan bagi investor ritel warga negara Indonesia, dijual melalui agen penjual dan sifat imbalannya tetap. Lalu, apakah sukuk tabungan ini punya fitur berbeda dengan sukuk ritel? Kalau ada, apa saja perbedaannya? Yuk, kita simak penjelasannya.

Perbedaan pertama antara sukuk ritel dan sukuk tabungan adalah pada tenornya. Sukuk ritel jatuh tempo dalam 3 tahun, sedangkan sukuk tabungan tenornya lebih pendek, yaitu selama 2 tahun. Bedanya lagi sukuk ritel bisa diperdagangkan di pasar sekunder, sementara sukuk tabungan tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder.

Tapi, kamu nggak usah kuatir kalau tiba-tiba kamu membutuhkan dana mendesak dan ingin menjual sukuk tabungan milik kamu sebelum jatuh tempo, pemerintah menyediakan fasilitas pencairan sebelum jatuh tempo (early redemption). Kamu bisa mencairkan sukuk tabungan setelah satu tahun berinvestasi di instrumen tersebut.

Selain itu, perbedaan antara sukuk ritel dan sukuk tabungan juga terletak pada akad yang digunakan dalam penerbitan sukuk. Pada penerbitan sukuk ritel, akas yang digunakan adalah akad ijarah asset to be leased, sedangkan sukuk tabungan memakai akad wakalah.

Nah, selain sejumlah perbedaan di atas, perbedaan lainnya antara sukuk ritel dan sukuk tabungan adalah pada minimal pembeliannya. Jika minimal pembelian sukuk ritel ditetapkan sebesar Rp 5 juta, minimal pembelian sukuk tabungan adalah Rp 2 juta. Lebih terjangkau dibanding sukuk ritel kan?

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment