Pasar Modal Syariah
569 views

Cari Tahu Isi Prospektus Sukuk, Yuk

by on 23/05/2017
 

Mencari tahu prospektus sukuk itu penting agar investor tidak buta soal investasi di sukuk.

Saat memutuskan untuk berinvestasi di instrumen pasar modal syariah seperti sukuk maupun reksa dana, kamu akan bertemu dengan yang namanya prospektus. Apa sih prospektus itu? Namanya pasti terdengar asing bagi investor pemula. Tapi, nggak usah jiper, terus malah jadi takut buat investasi, ya.

Justru melalui prospektus ini, kamu akan mendapat segala macam informasi mengenai produk sukuk korporasi incaran kamu. Sebelum menempatkan dana di sukuk korporasi, membaca prospektus bisa dibilang menjadi kewajiban bagi investor agar tidak ’buta’ akan produk tersebut.

Terus, isi prospektus sukuk korporasi itu apa aja sih? Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mewajibkan emiten penerbit sukuk untuk memasukkan setidaknya 16 item informasi tambahan dalam prospektus sukuk, sebagaimana tertuang dalam Peraturan OJK Nomor 18/POJK.04/2015 tentang Penerbitan dan Persyaratan Sukuk. Apa saja?

Mengingat sukuk korporasi merupakan instrumen investasi syariah, isinya ternyata tidak hanya pernyataan umum bahwa produk tersebut sudah sesuai dengan prinsip syariah. Emiten harus pula menyatakan secara rinci bahwa aset yang menjadi dasar penerbitan sukuk tidak akan bertentangan dengan prinsip syariah selama periode sukuk.

Selain itu, di prospektus kamu akan melihat jenis akad syariah yang digunakan dalam penerbitan sukuk dan ringkasan akad yang dilakukan oleh berbagai pihak. Di sini, kamu akan memeroleh penjelasan terkait skema transaksi akad sukuk korporasi.

Selain terkait akad syariah, prospektus juga memuat laporan keuangan emiten dan hal yang berhubungan dengan pembagian imbal hasil sukuk. Dengan membaca prospektus, kamu bisa mengetahui berapa besaran nisbah bagi hasil, rencana jadwal dan tata cara pembayaran bagi hasil sukuk.

Prospektus juga memuat informasi mengenai rencana penggunaan dana sukuk, sumber dana emiten untuk melakukan pembayaran bagi hasil, hingga informasi rinci terkait jaminan sukuk yang meliputi jenis, nilai, dan status kepemilikan (jika ada). Jika terjadi hal-hal yang menyebabkan nilai aset tidak lagi sesuai dengan nilai sukuk yang diterbitkan, maka emiten juga harus menyiapkan penggantian aset yang sesuai.

Di dalam prospektus, kamu akan mendapat informasi mengenai ketentuan apabila emiten gagal dalam memenuhi kewajibannya. Diantaranya terkait mekanisme penanganannya jika terjadi hal tersebut dan sanksi yang berkaitan dengan tidak dipenuhinya kewajiban dalam perjanjian perwaliamanatan.

Dengan seluruh informasi terkait emiten penerbit sukuk dan rencana penerbitan sukuk termuat di prospektus sukuk, kamu akan memperoleh gambaran jelas mengenai produk sukuk korporasi yang sedang ditawarkan di pasaran. Jadi kamu tidak usah kuatir lagi untuk berinvestasi di sukuk korporasi, ya.

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment