Knowledge Base
376 views 0 comments

Cara Membuat Account Rekening Dana Nasabah Itu Mudah

by on 02/08/2017
 

Membuka Account rekening ini sangatlah mudah dan prosesnya sederhana.  Dalam pembuatan account ini terdapat 2 cara yaitu secara online ataupun pembuatan secara manual dengan langsung melakukan pendaftaran di kantor sekuritas yang terdapat di daerah masing masing.

Untuk pembukaan account secara Online, rekan-rekan dapat langsung mendownload formulir Online yang ada di website-website perusahaan sekuritas (baca Juga : Apa Itu Sistem Online Trading Syariah ) dalam artikel diatas telah kami hubungkan perusahan sekuritas yang telah menyediakan fasilitas SOTS dan pendaftaran secara online jadi rekan – rekan hanya tinggal download formulirnya kemudian mengisinya dan menandatangani formulir tersebut.

Formulir pembukaan rekening ini biasanya terdiri dari dua bagian: Pembukaan Rekening Efek, dan Pembukaan Rekening Dana Nasabah.  Pembukaan Rekening Efek ini untuk membuka rekening di perusahaan efek, dan juga untuk data yang disampaikan pada Kustodian Sentral Efek Indonesia.  Ini adalah rekening penyimpanan saham yang rekan-rekan miliki.

Cara Membuat Account Rekening Dana Nasabah Itu Mudah#PasarModalSyariah#RDN Click To Tweet

Rekening Dana Nasabah adalah rekening dana atas nama nasabah yang dibuka oleh perantara pedagang efek atau pihak lain sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, yang mengadministrasikan rekening efek nasabah berdasarkan kuasa dari nasabah pada bank yang telah melakukan perjanjian kerjasama dengan KSEI untuk melaksanakan administrasi RDN.  Setelah anda mengisinya secara lengkap, anda bisa mengirimkannya ke perusahaan efek dimana anda akan bertransaksi. silahkan download Peraturan KSEI Nomor 1 -D Tentang Rekening Dana.

Cara yang kedua adalah dengan cara manual yaitu dengan langsung bertemu dengan tenaga penjual/pedagang perantara/wakil perusahaan efek/broker saham/ atau bisa juga pihak customer service dari perusahaan sekuritas dengan cara mengunjungi kantor sekuritas  Disina rekan-rekan akan diberikan formulir secara manual sesuai formulir online yang kemudian lakukan pengisian.

Dokumen apa saja yang  harus dilampirkan ?

1.Kartu Tanda Penduduk/Pasport/KITAS

Pembukaan rekening untuk WNI diwajibkan menggunakan KTP yang masih berlaku, tidak dapat    digantikan dengan SIM maupun Passport, Hanya KTP. Passport hanya berlaku bagi WNA.

2. Kartu NPWP

NPWP juga menjadi syarat wajib saat pembukaan rekening efek. Klo kamu ga punya NPWP maka kamu akan diwajibkan untuk membuat surat pernyataan tidak memiliki NPWP yang di ttd diatas materai.

3. Cover Buku Tabungan

Cover buku tabungan ini berfungsi untuk memudahkan pihak sekuritas memferivikasi bank account kamu. Nah jadi nanti bank account yang kamu kasih cover-nya ini lah yang akan jadi bank penampungan tiap kali kamu melakukan tarikdana dari rekening saham kamu.

4. No Identitas KSEI

Persyaratan ini hanya berlaku bagi rekan-rekan yang sebelumnya sudah memiliki rekening efek dan ingin membuka account kedua dst.

Kenapa IDD ini penting? Karena menurut peraturan Bursa, setiap WNI hanya diperbolehkan memiliki 1 no IDD per KTP. Jadi ya KTP kan satu orang satu, so IDD juga demikian.

untuk alur secara lengkap hingga terdaftar di KSEI sesuai bagan berikut ini :

Berapa Setoran Awal Pembukaan Rekening Efek?

Setelah Proses administrasi selesai dan rekan – rekan memperoleh RDN maka untuk langkah selanjutnya adalah melakukan setoran dana awal RDN. Untuk setoran Dana Awal RDN rekan – rekan akan memperoleh informasi yang beragam dan bervariasi  mengapa saya katakana beragam dan bervariasi karena setiap perusahaan sekuritas memiliki kebijakkan masing masing untuk dana setoran awal ini yang disesuaikan dengan status nasabah apakah beliau umum yang telah memiliki pekerjaan atau seorang mahasiswa.

Namun dari sisi pantauan saya Kebanyakan sekitar Rp 5 juta – Rp 10 juta.  Beberapa sekuritas asing menyaratkan setoran minimal sebesar Rp 50 juta.  Akan tetapi ada juga beberapa sekuritas yang memperbolehkan anda membuka rekening dengan hanya menyetor Rp 1 Juta ; Rp250 ribu atau bahkan Rp 100 ribu. Setelah RDN terbentuk maka reka-rekan pembaca memperoleh akun SOTS sekuritas yang dapat di pergunakan untuk melakukan transaksi jual beli secara online, apabila rekan – rekan pembaca belum mengatahui apa itu Sistem Online trading Syariah(SOTS) dapat membaca artikelnya di sini

Jadi  Tunggu apa lagi ? yuk mari kita semarakkan dunia pasar modal syariah dengan turut serta menjadi investor disana atau pengen tau lebih lanjut perihal Pasar Modal Syariah yuk mari ikutan di agenda besar kami Investor Gathering Cirebon pada tanggal 12 Agustus 2017 di Hotel Swiss -Belhotel Cirebon cara daftarnya gampang kok dengan melakukan pendaftaran secara Online melalui link berikut ini daftar Investor gathering cirebon

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment