Bank Syariah
220 views

BRISyariah Berencana Listing di Bursa

by on 09/06/2017
 

Aksi IPO ditargetkan dapat meraup dana minimal Rp 1 triliun.

BRISyariah berencana untuk listing di Bursa Efek Indonesia tahun depan. Dengan syarat, jika sudah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bank induknya, BRI. Rencana listing di bursa itu menjadi salah satu upaya BRISyariah untuk menambah modal.

Direktur Utama BRISyariah Moch Hadi Santoso mengatakan, pada tahun lalu BRISyariah sudah menerbitkan sukuk sebesar Rp 1 triliun untuk menambah modal. “Untuk penambahan modal kami berupaya cari sendiri. Tahun depan insya Allah kalau diizinkan induk dan OJK, kami ingin IPO (initial public offering/penawaran umum perdana saham),” katanya, Kamis petang (8/6).

Dari aksi perusahaan tersebut, lanjut dia, pihaknya menargetkan dapat meraup dana minimal Rp 1 triliun. Namun meski sudah IPO, nantinya BRISyariah masih perlu waktu hingga dua tahun ke depan untuk naik kelas menjadi bank umum kegiatan usaha (BUKU) 3.

“Untuk jadi BUKU 3 syaratnya modal harus Rp 5 triliun untuk tier I capital. Kalau sekarang modal tier I kami baru Rp 2,4 triliun. Kalau nanti IPO bertambah Rp 1 triliun jadinya Rp 3,4 triliun. Nanti kalau di tahun 2019 harusnya sudah ke BUKU 3,” jelas Hadi.

Saat ini rasio kecukupan modal BRISyariah telah melampaui 20 persen, sehingga memiliki ruang yang cukup untuk ekspansi. Per April 2017, pembiayaan BRISyariah tumbuh 4,98 persen menjadi Rp 18 triliun. Sementara, dana pihak ketiga naik 24,53 persen menjadi Rp 23,49 triliun.

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment