504 views 0 comments

Blogger pun Melek Jasa Keuangan

by on 19/07/2016
 
Satu lagi artikel potensial dari lomba blog investasi syariah.
Blogger satu ini, memang blogger jasa keuangan. Artikelnya juga masuk final, sayang kalah in terms of gregetnya dari tiga artikel para pemenang lomba blog investasi syariah dari Direktorat Pasar Modal Syariah Otoritas Jasa Keuangan (DPMS OJK) di 2016.
Willian Giovani adalah blogger jasa keuangan dan teknologi yang sering wara-wiri di wilayah urban. Ibarat wartawan, juga kerap meliput sebuah acara di industri keuangan. William juga buzzer, khususnya di Twitter untuk beberapa produk dan kampanye.
Dia juga ikut workshop investasi syariah yang diadakan oleh DPMS OJK pada 27 April 2016 di OJK Institute. Dan ilmu dari workshopnya itu diterapkan di artikel yang dilombakannya.
Mari kita tengok sedikit artikelnya.
——-
Di umurku yang menginjak usia 22 tahun, aku mulai memikirkan bagaimana cara membahagiakan kedua orang tuaku. Orang tuaku selalu berusaha memberikan yang terbaik untukku. Dari pendidikan, kebutuhan secara materi, spiritual dan prinsip-prinsip hidup diajarkan dan semua dipenuhi dengan baik. Mungkin tanpa kuketahui untuk itu semua orang tuaku, menjual barang berharga demi memberikan yang terbaik untuk anak yang disayangi.  Mungkin salah satunya rumah yang saat kecil pernah kutinggali. Kini bersama orang tuaku kami tinggal di sebuah yang kami sewa.
Kini aku sudah bekerja dan aku berniat membahagiakan orang tuaku. Membelikan rumah adalah salah satu pemikiranku untuk membahagiakan kedua orang tuaku. Tentu tinggal di rumah milik sendiri bersama orang tua menjadi hal yang berbeda. Namun lokasi rumah tak jauh dari rumah yang kami tinggali saat ini. Aku mulai mencari informasi harga rumah di daerah Tangerang. Melalui internet saya mencari website iklan rumah yang terpercaya. Saya menemukan rumah yang sangat dekat dengan rumah yang saya tinggali saat ini Harga rumah tersebut sebesar 1, 4 Milyar cukup besar harganya.

Setelah aku mengetahui harga rumah yang diingikan, akupun menuju website salah satu bank syariah. Berbekal kalkulator ilustrasi pembiayaan KPR, dengan harga rumah 1, 4 Milyar setidaknya aku harus memiliki uang muka sebesar 420 juta. Dengan jangka waktu KPR selama 15 tahun/180 bulan, maka setiap bulannya aku perlu membayar sebesar Rp13,047,611.

aku terpikir, apa yang harus aku lakukan adalah bagaimana mengumpulkan uang muka rumah sebesar 420 juta. Mengingat umurku yang masih 22 tahun, aku berharap dalam 10 tahun sudah bisa mulai membeli rumah untuk orang tuaku.

Jika aku menabung di salah satu bank syariah untuk mengumpulkan uang 420 juta. Setiap bulannya aku harus menyisihkan uang sebesar Rp 3.500.000 setiap bulan selama 10 tahun. Cukup besar uang yang harus aku sisihkan untuk mengumpulkan uang muka rumah. Sampai suatu saat aku mendatangi sebuah acara seminar.
——–
Versi lengkapnya bisa dilihat di http://ceritagiovanni.blogspot.co.id/2016/06/kugapai-rumah-impian-dengan-reksa-dana-syariah.html?m=1
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment