Pasar Modal Syariah
608 views

BI akan Luncurkan Model Sukuk Wakaf

by on 21/10/2016
 

Sukuk wakaf menjadi instrumen yang menggabungkan aspek komersial dan sosial keuangan syariah.

Asisten Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia (BI) Rifki Ismal mengatakan, dalam 3rd Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) yang akan digelar di Surabaya pada Selasa, 25 Oktober 2016, salah satu agenda Sharia Forum ISEF adalah peluncuran model sukuk berbasis wakaf. Peluncuran model sukuk tersebut merupakan kelanjutan dari pembahasan sukuk wakaf di ISEF sebelumnya.

“Pada ISEF sebelumnya pembahasannya adalah bagaimana mengintegrasikan sukuk dengan wakaf. Sekarang sudah tidak membahas ide lagi, tapi masuk pada bentuk konkrit yaitu modelnya. Kami sudah membahas ini bersama dengan Badan Wakaf Indonesia (BWI) dan Kementerian Keuangan, Alhamdulillah dapat modelnya,” ungkapnya di Gedung BI, Jumat (21/10).

Ia melanjutkan, Indonesia punya potensi aset wakaf seluas lima miliar meter persegi yang tersebar di 400 ribu titik tanah wakaf. “Kalau diuangkan, menurut BWI, nilainya mencapai Rp 2050 triliun, namun sayangnya aset wakaf itu umumnya masih untuk kuburan, masjid, pesantren atau panti asuhan,” tukas Rifki.

Di sisi lain, tambah Rifki, kelemahan utama dari pengelola wakaf (nazhir) adalah ketidakmampuan mereka dalam menghimpun dana untuk membangun infrastruktur diatas tanah wakaf. “Ini karena mereka wakafnya banyak untuk misi sosial. Padahal, wakaf itu misi sosial tapi pemanfaatannya komersial,” cetusnya.

Kelemahan utama nazhir adalah ketidakmampuan dalam menghimpun dana Click To Tweet

Di lain pihak, pasar keuangan syariah modern mengenal sukuk dengan banyak varian. Sukuk negara terdiri dari berbagai jenis, seperti sukuk ritel, sukuk berbasis proyek, surat perbendaharaan negara syariah, sukuk dana haji dan lainnya. “Jadi sukuk bukan barang baru. Sukuk jadi instrumen pasar keuangan syariah yang punya potensi mendanai aset wakaf, maka kami kawinkan menjadi suatu model sukuk berbasis wakaf,” pungkas Rifki.

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment