Pasar Modal Syariah
1174 views

Besok, TICMI Gelar Akselerasi Ahli Syariah Pasar Modal

by on 31/05/2016
 

Ahli syariah pasar modal menjadi elemen penting untuk tetap menjaga koridor penerapan prinsip syariah.

The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) akan menyelenggarakan kelas akselerasi ahli syariah pasar modal mulai 1 Juni hingga 3 Juni 2016. Program akselerasi ahli syariah pasar modal ini ditujukan khusus bagi mereka yang telah menjadi Dewan Pengawas Syariah.

Program reguler weekdays akan dilaksanakan di TICMI yang berlokasi di Gedung Bursa Efek Indonesia Tower II Lantai 1, Jl Jenderal Sudirman Kav 52-53, Jakarta. Biaya pendaftarannya sebesar Rp 5 juta. Dewan Pengawas Syariah yang berminat dapat mendaftar secara online di laman resmi TICMI: ticmi.co.id.

Dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No 16/POJK.04/2015 tentang Ahli Syariah Pasar Modal, OJK menetapkan ahli syariah pasar modal dapat berupa perseorangan atau badan usaha. Mereka bertugas untuk memberikan nasihat dan/atau mengawasi pelaksanaan penerapan prinsip syariah di pasar modal dalam kegiatan usaha perusahaan dan/atau memberikan pernyataan kesesuaian syariah atas produk atau jasa syariah di pasar modal.

Dalam event Festival Pasar Modal Syariah pada Maret 2016, Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia pun telah menjalin kerja sama dengan TICMI untuk peningkatan kapasitas dan kompetensi ahli syariah pasar modal melalui sertifikasi profesi. Pendidikan ahli syariah pasar modal diharapkan dapat meningkatkan profesional yang memiliki sertifikasi ahli syariah pasar modal secara kuantitatif dan kualitatif.

Ahli syariah pasar modal dapat berupa perseorangan atau badan usaha Click To Tweet

Pendidikan ahli syariah pasar modal di TICMI terbuka untuk umum. Kelas tersebut akan mengakomodasi tiga kepentingan, yaitu bagi mereka yang belum mengetahui pasar modal tapi sudah memahami prinsip syariah, dan sebaliknya. Serta bagi mereka yang ingin memahami pasar modal dan prinsip syariah. Sebelum mengikuti kelas ini akan ada tes penempatan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman calon peserta tentang pasar modal dan prinsip syariah.

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment