Bank Syariah
113 views

Berikut Ini Cara BSM Mempersiapkan SDM Perbankan Syariah

by on 27/09/2017
 

SDM perbankan syariah disinyalir sebagai salah satu tantangan dalam perkembangan industri keuangan syariah. Hingga saat ini pangsa pasar perbankan syariah, masih berkisar 5,3 persen dibanding perbankan umum.Permasalahan terkait SDM syariah dibahas di dalam seminar Masyarakat Ekonomi Syariah yang diselenggarakan di Kantor Pusat Mandiri Syariah, Rabu (27/9).

Direktur Risk Management and Compliance Putu Rahwidhiyasa mengatakan, Mandiri Syariah berkomitmen menyiapkan SDM perbankan syariah melalui program internship (magang) program Kriya.Kriya merupakan ajang penyiapan SDM melalui kegiatan magang di Mandiri Syariah. Melalui kegiatan magang diharapkan muncul bibit SDM yang kemudian siap bekerja di industri keuangan syariah yang dapat menghadapi tantangan yang di miliki oleh perbankan syariah yang terdiri dari kebutuhan disiplin ilmu yang semakin khusus, simplikasi di semua jalur aktifitas, dapat berkomunikasi malalui multi media, dimana saja dan kapan saja, memiliki rasa inovasi dan pengembangan tanpa henti, hingga kelenturan organisasi pebrnakan syariah.

Kriya adalah bentuk dukungan dan kepedulian perusahaan terhadap program link and matchantara dunia pendidikan dan dunia kerja sekaligus implementasi program pendidikan vokasi yang dicanangkan Pemerintah atas kebutuhan SDM industri nasional,” ujar Putu.

Putu menuturkan, program ini memberikan kesempatan kepada lulusan SLTA atau Diploma untuk mengenal dunia kerja dan memperoleh keterampilan sehingga dapat menjadi calon tenaga kerja yang terampil dan siap di dunia kerja.

Program ini telah kami mulai sejak Maret 2016 dan hingga Agustus 2017 sudah ada 240 peserta Kriya tersebar di seluruh Indonesia tambahnya.

Kriya bertujuan untuk memberikan kesempatan kerja magang kepada pelajar/mahasiswa dan lulusan yang memiliki semangat dan motivasi untuk menambah wawasan dan mempersiapkan diri menjadi tenaga profesional sehingga dapat memenuhi kualifikasi SDM Perbankan syariah yang terdiri dari :

a. Pemahaman Syariah

Dalam Kualifikasi ini Pemahaman syariah yang bersifat universal dan sesuai dengan kearifan local yang meliputi aspek hukum dan penerapannya sesuai dengan kaidah ushul fiqh

b. Kepemimpinan

Dalam kualifikasi ini SDM Bank Syariah diharapkan memiliki kemampuan kepemimpinan yang berlandaskan pada nilai-nilai Syariah.

c, Managerial

Dalam kualifikasi ini SDM Bank Syariah diharapkan memiliki kemampuan managerila yang sesuai dengan etika bisnis Islam

d. Operasional Perbankan

Kemampuan operasional perbankan dan memahami aspek bisnis yang mempengaruhi kinerja Bank

Untuk menjadi peserta Kriya, Mandiri Syariah menetapkan syarat sebagai berikut diantaranya :

• Lulus pendidikan SLTA/SMK (sederajat), atau Diploma (D1-D3).
• Memiliki prestasi pendidikan yang baik dengan Indeks Prestasi terakhir minimal di atas rata-rata Sekolah/ Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
• Usia 18-25 tahun.
• Berpenampilan menarik & bersikap ramah.
• Sehat & tidak buta warna, tidak memiliki tato dan/atau tindik, yang dibuktikan dari surat keterangan dokter.
• Memiliki motivasi yang baik untuk bekerja.
• Tidak pernah terlibat narkoba atau pelanggaran hukum lainnya, yang dibuktikan melalui surat kelakuan baik dari Kepolisian.
• Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti progran Kriya BSM.
• Melampirkan CV, surat permohonan mengikuti program pemagangan dan foto 3 x 4 (1 lembar).
• Bersedia menandatangani Perjanjian Program Kriya BSM.
• Mampu mengoperasikan Komputer (MS. Office).

Dengan jangka waktu magang maksimal selama 1 tahun setiap peserta Kriya akan mendapatkan uang saku sesuai ketentuan yang berlaku dan sertifikat.

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment