Pasar Modal Syariah
524 views

BEI: ISSI Tumbuh 20 Persen

by on 23/09/2016
 

Dalam periode lima tahun terakhir, Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) mencatatkan pertumbuhan 43 persen.

Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Samsul Hidayat mengatakan, prinsip investasi syariah di pasar modal yaitu efeknya harus halal sesuai syariah, cara bertransaksinya pun harus memenuhi prinsip syariah

“Investasi syariah di pasar modal, prinsipnya harus sesuai syariah juga efeknya harus halal, begitu pula transaksinya,” kata Samsul dalam Knowlegde Sharing Pasar Modal Syariah di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Kamis (22/9).

Samsul menyampaikan, efek syariah yang diperdagangkan di BEI, lanjut dia, antara lain 311 saham syariah, 43 seri sukuk korporasi, 26 seri sukuk negara, dan satu ETF syariah. Dalam periode lima tahun terakhir, Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) mencatatkan pertumbuhan 43 persen. Pencapaian ini lebih besar ketimbang IHSG yang mencatat pertumbuhan 39 persen dalam periode yang sama.

“Secara year to date, ISSI pun tumbuh 20 persen. Pertumbuhan ini tinggi dibandingkan dengan indeks asing,” kata Samsul dalam Knowlegde Sharing Pasar Modal Syariah di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Kamis (22/9).

Menurutnya, sayangnya selama ini masyarakat Indonesia tidak mengetahui pertumbuan ISSI. Untuk memberikan pemahaman terkait pasar modal syariah, BEI tengah mencanangkan strategi untuk mengget investor syariah. “Kita tidak tahu bahwa selama ini bagaikan ada tambang emas yang tersembunyi,” ujarnya.

Salah satu strategi yang tengah diproses oleh BEI, kata Samsul, adalah kerja sama dengan Bursa Malaysia untuk mengembangkan pasar modal syariah dalam bentuk cross border. Di mana BEI dan Bursa Malaysia saling mencatatkan saham di bursa negara masing-masing.

Namun menurutnya, kerja sama ini masih menunggu persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pasalnya rencana ini bertentangan dengan Undang-Undang Pasar Modal Syariah yang mengharuskan perusahaan asing yang ingin mencatatkan emitennya harus berbentuk Perseroaan Terbatas (PT). “Kami belum final dengan OJK. Bursa Malaysia juga belum final dengan regulatornya,” ujarnya

BEI: Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tumbuh 43% Click To Tweet

Strategi lainnya untuk memudahkan akses ke pasar modal syariah Indonesia, khususnya investor syariah, BEI telah melakukan banyak inisiatif. Di antaranya Sekolah Pasar Modal Syariah, Syariah Online Trading System, dan Galeri Investasi Syariah. Menurut Samsul, seluruh inisiatif BEI ini berhasil mempercepat pertumbuhan investor saham syariah di Indonesia.

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment