Knowledge Base
698 views 0 comments

Begini Cara Memulai Investasi Saham Syariah Melalui SOTS

by on 25/08/2017
 

Tidak usah khawatir yang berlebihan kalau memang sudah tidak sabar ingin berinvestasi di saham syariah

Setelah memahami mengenai Jakarta Islami Indeks Dan Indeks Saham Syariah Indonesia di artikel Jakarta Islamik Indeks & Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) pasti kamu jadi penasaran bagaimana sih cara membeli Saham Syariah ? Apakah prosesnya semudah seperti membeli Reksadana & Sukuk? Atau, malah lebih ribet ? Proses apa saja yang harus dilalui?

Tidak usah khawatir yang berlebihan kalau memang sudah tidak sabar ingin berinvestasi di saham syariah, ternyata prosesnya tidak ribet bahkan sangat mudah. Pembelian saham syariah ini  sangatlah mudah dan bisa dilakukan melalui sistem aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan sekuritas yang dinamakan Sistem Online Trading Syariah.

Begini Cara Memulai Investasi Saham Syariah Melalui SOTS #SOTS; #SahamSyariah; #ACKS Click To Tweet

Untuk dapat memperoleh aplikasi tersebut rekan – rekan sekalian cukup mendatangi perusahaan sekuritas ataupun melakukan pendaftaran secara online untuk dapat memperoleh akun Rekening Dana Nasabah (RDN) Informasi Lebih Lengkap Cara Membuat akun RDN terdapat dalam artikel Cara Membuat Account Rekening Dana Nasabah Itu Mudah   yang kemudian rekan-rekan akan memperoleh kartu identitas investor yang diberikan oleh KSEI.Berikut Bagan Alur Pembukaan RDN di perusahaan sekuritas :

Namun tentu membeli saham tidaklah sama dan tidaklah semudah dengan membeli ayam Kentucky di KFC. Ada beberapa hala yang perlu diperhatikan sebelum akhirnya dapat memilih saham syariah yang memiliki peluang untuk mengahsilkan profit dalam masa yang akan datang.

Ada beberapa hal yang mesti rekan – rekan perhatikan untuk dapat memiliki saham syariah yang diinginkan. yaitu :

Pertama, rekan – rekan investor ataupun trader haruslah mengenali saham syariah yang diinginkan baik dari segi fundamental yaitu kinerja keuangan saham yang akan di pilih dan dari psikologi market yang terbentuk yang dapat dilakukan analisa dengan mepergunakan anlisa teknikal MA, MACD ataupun Fibonaci.

Kedua, Dalam saham syariah, terdapat risiko & manfaat atas dana yang rekan – rekan tanamkan. Karena itu, menjadi penting untuk mengetahui terlebih dahulu seluk-beluk saham yang diinginkan sebelum membelinya ke perusahaan sekuritas.yaitu sebagai berikut :

Resiko Berinvestasi Saham Syariah :

  1. Capital Loss Merupakan kebalikan dari capital gain, yaitu suatu kondisi dimana investor menjual saham lebih rendah dari harga beli.
  2. Resiko likuidasi Resiko yang dapat terjadi dikarenakan saham yang dimiliki tidak dapat dijual dengan cepat atau pada harga yang diinginkan.
  3. Delisting dari bursa Penghapusan perusahaan di bursa maka perusahaan tersebut akan berubah status dari perusahaan publik menjadi perusahaan privat. Jika itu terjadi maka investor akan kesulitan dalam melakukan transaksi jual beli atau keluar masuk dalam kepemilikan saham.

Keuntungan Berinvestasi Saham Syariah :

  1. Deviden Pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan dan berasal dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan. Deviden diberikan setelah mendapat persetujuan dari pemegang saham dalm RUPS. Jika seorang investor ingin mendapatkan deviden, maka investor tersebut harus memegang saham tersebut dalam periode dimana diakui sebagai pemegang saham yang berhak mendapatkan deviden.
  2. Capital Gain Selisih antara harga beli dan harga jual dari saham yang dimiliki oleh investor. Capital gain terbentuk dengan adanya aktivitas perdagangan saham di pasar sekunder. Misalnya investor membeli saham KBLM dengan harga per saham Rp 274  perlembar saham kemudian menjualnya dengan harga Rp 300 per lembar saham yang berarti investor tersebut mendapatakan capital gain sebesar Rp 126 untuk setiap saham yang dijualnya.

Ketiga,pastikan saham syariah yang rekan – rekan akan pilih bebas dari praktik yang tidak sesuai ajaran islam seperti yang sudah tercantumkan dalam 14 Fatwa DSN MUI Mengenai Pasar Modal Syariah.

Jika memang rekan-rekan berniat berinvetasi ataupun berdagang saham syariah,maka langkah yang paling penting dilakukan adalah Do it dan Berani Mengambil resiko tanpa ada realisasi dalam tindakan baik itu pembukaan akun di perusahaan sekuritas terpercaya yang menjual saham syariah yang diinginkan yang telah diakui OJK maka langkah – langkah awal memulai berinvestasi saham syariah TIDAK AKAN PERNAH BERJALAN sampai kapan pun

 

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment