IKNB Syariah
1488 views

Bank Wakaf Ventura Persiapkan Proses Ijin ke OJK

by on 03/05/2017
 

Bank wakaf ventura ditargetkan berdiri pada Juni 2017.

Bank wakaf ventura yang diinisiasi oleh Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) kini masih dalam proses persiapan untuk mengajukan izin ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Wakil Bendahara Umum ICMI Suhaji Lestiadi mengatakan, anggaran dasar bank wakaf ventura sudah siap. Saat ini tinggal menghitung modal yang sudah siap dan kepengurusannya.

Bank wakaf ventura yang diinisiasi oleh Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia… Click To Tweet

“Kalau modal dan kepengurusan sudah siap tinggal dinotariskan saja, lalu bawa ke OJK untuk persetujuan perizinan. Mudah-mudahan bulan ini bisa diajukan ke OJK dan Juni 2017 bank wakaf ventura bisa didirikan. Besok (Kamis) kami akan rapat di MUI untuk buat timetable-nya,” ujarnya dalam Diskusi Optimalisasi Potensi Wakaf untuk Mencapai Kemandirian Bangsa, Rabu (3/5).

Ia menyampaikan, ada dua hal utama yang menjadi latar belakang ICMI ingin mendirikan bank wakaf ventura. Pertama, mendorong transaksi tidak hanya halal tapi juga thoyyib, sehingga menginginkan kegiatan ekonomi juga bisa bermanfaat bagi kemaslahatan umat. Kedua, besarnya potensi wakaf di Indonesia.

“Ketika kami ingin mendorong wakaf bergulir dengan cepat itu butuh motor agar wakaf bisa kuat, maka ICMI mendorong bank wakaf. Tapi, bentuk badan hukumnya apa? Untuk jadi bank syariah modal harus Rp 1 triliun, itu berat. Yang mudah jadi modal ventura dengan modal minimal Rp 20 miliar. Akhirnya diputuskan untuk awalnya bank wakaf ventura, dan sesuai permintaan Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie minimal modalnya Rp 250 miliar,” ungkap Suhaji.

Dengan adanya bank wakaf, lanjut Suhaji, kegiatan perwakafan di Indonesia akan didorong. “Wakaf karena sifatnya abadi langsung jadi modal bank wakaf, jadi perusahaan ini akan terus meningkat permodalannya. Dan, setiap dapat manfaat darinya akan disalurkan untuk UMKM,” katanya.

Pada kesempatan terpisah, Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank I OJK Edy Setiadi menuturkan, pendanaan modal ventura diperbolehkan berasal dari dana wakaf. Pihaknya pun hingga sekarang masih menunggu ICMI untuk mengajukan izin bank wakaf ventura ke OJK.

“Tidak apa jika modal ventura ini menggunakan model wakaf, itu bisa siapa saja mengajukan sepanjang mememnuhi kriteria permodalan minimal Rp 20 miliar, jadi kalau mau berbasis wakaf silahkan, tentunya disini kami menunggu saja siapa yang mengajukan akan kami proses,” cetusnya.

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment