Bank Syariah
993 views

Bank Muamalat Gelar Investor Gathering Sukuk Tabungan

by on 23/08/2016
 

Bank Muamalat ditunjuk sebagai salah satu dari 26 agen penjual sukuk tabungan.

Masa penawaran sukuk tabungan telah dimulai kemarin, Senin (22/8). Menyusul pembukaan masa penawaran, Bank Muamalat Indonesia pun langsung menggelar Investor Gathering Sukuk Tabungan ST-001, Selasa (23/8). Selain mendapat sosialisasi tentang sukuk tabungan, puluhan nasabah Bank Muamalat juga dapat langsung mengisi formulir pemesanan.

Kepala Divisi Treasury Bank Muamalat Yudhistira Brilliano mengatakan, sukuk tabungan adalah instrumen yang diterbitkan bagi investor individu dengan tujuan penerbitan untuk membiayai APBN. “Jika dibandingkan dengan deposito, jangka waktu sukuk tabungan lebih panjang yaitu dua tahun, maka investor harus mengalokasikan dana yang memang untuk investasi lebih panjang dari deposito,” jelasnya dalam Investor Gathering Sukuk Tabungan Bank Muamalat, Selasa (23/8).

Sukuk tabungan pun memiliki imbal hasil 6,9 persen, lebih tinggi dari maksimal jaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Namun, sukuk tabungan yang diterbitkan oleh pemerintah terbilang bebas risiko karena dijamin negara. Kelebihan lainnya adalah dari sisi pajak. “Dari sisi pajak sukuk tabungan hanya 15 persen, sedangkan deposito 20 persen. Jadi pemerintah memberi insentif pajak bagi mereka yang membeli sukuk tabungan,” jelas Yudhistira.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Direktur Treasury and International Banking Bank Muamalat Afrid Wibisono mengatakan, pihaknya turut serta menyukseskan program pemerintah bukan hanya untuk memberi pilihan return yang lebih tinggi kepada nasabah. Namun, agar nasabah dapat mengalokasikan pula dana sosial lebih banyak.

Pemerintah memberi insentif pajak bagi investor #SukukTabungan Click To Tweet

“Dengan mendapat return yang lebih tinggi dari LPS, kami ingin nasabah tidak hanya untuk mengakumulasi kekayaan tapi juga membayar zakat jadi lebih banyak. Oleh karena itu, kami ingin optimal sehingga zakat, infak dan sedekah dari bagi hasil juga bisa lebih besar,” tandasnya.

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment