Pasar Modal Syariah
577 views

Bagaimana Cara Membeli Sukuk Ritel?

by on 10/07/2017
 

Proses untuk membeli sukuk ritel ternyata sangat mudah.

Setelah mengenal instrumen sukuk ritel yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia lewat artikel Kenal Lebih Dekat dengan Sukuk Ritel, Yuk!, terus gimana sih cara membeli sukuk ritel? Prosesnya ribet nggak sih? Males juga kan kalau udah niat investasi tapi proses mau belinya malah ribet.

Ternyata, untuk membeli sukuk ritel ini sangat mudah dan nggak ribet, loh. Kalau kamu sudah mendengar kabar masa penawaran sukuk ritel akan dibuka, tinggal siap-siap aja buat mendatangi agen penjual sukuk ritel yang sudah ditunjuk pemerintah.

Cari tahu bank dan perusahaan sekuritas mana yang telah ditunjuk untuk menjadi agen penjual. Saat masa penawaran sukuk ritel telah dibuka, hubungi atau datanglah ke kantor agen penjual sukuk ritel. Jangan lupa bawa foto kopi KTP untuk melengkapi persyaratan investasi di sukuk ritel, ya.

Saat sudah berada di kantor agen penjual, kamu harus membuka rekening surat berharga terlebih dulu. Setelah itu, setorlah uang sesuai jumlah dana yang ingin kamu investasikan, kemudian transfer dana tersebut ke rekening “Sukuk Negara Ritel” atau rekening penampungan pada bank yang telah ditunjuk agen penjual.

Langkah selanjutnya adalah meminta formulir pemesanan sukuk ritel. Di formulir ini, isi jumlah dana yang ingin kamu investasikan di sukuk ritel. Jangan lupa tanda tangani formulirnya dan kuasa pendebetan yang tertera dibalik formulir, ya. Bersama dengan formulir ini, sertakan pula foto kopi KTP dan bukti transfer dana. And, that’s it! Gampang banget kan prosesnya?

Nah, terus gimana kalau kamu ketinggalan masa penawaran sukuk ritel? Harus nunggu sampai masa penawaran sukuk dibuka lagi tahun depan, dong? Nggak usah baper, sukuk ritel ternyata bisa dibeli di luar masa penawaran. Kamu bisa membeli sukuk ritel di pasar sekunder.

Ada dua cara untuk membeli sukuk ritel di pasar sekunder. Pertama, bisa melalui mekanisme bursa. Kamu bisa menyampaikan minat untuk membeli sukuk ritel ke Bursa Efek Indonesia melalui perusahaan efek. Jika terjadi kesesuaian harga antara investor penjual dan investor pembeli, maka transaksi penjualan diselesaikan melalui mekanisme bursa.

Cara kedua adalah melalui transaksi di luar bursa (Over The Counter). Dengan menggunakan cara ini kamu bisa bernegosiasi harga dengan investor yang mau menjual sukuk ritelnya. Jika sudah terjadi kesepakatan, maka bank atau atau perusahaan efek yang ditunjuk akan menyelesaikan transaksi jual beli sukuk ritel tersebut. Simpel kan?

Bagaimana Cara Membeli Sukuk Ritel?

by on 19/02/2016
 

Setiap individu WNI bisa menjadi investor sukuk ritel.

Sukuk-RitelSukuk ritel adalah suatu instrumen investasi yang diterbitkan oleh pemerintah kepada investor dalam negeri. Setiap individu Warga Negara Indonesia (WNI) dapat membeli sukuk ritel di pasar perdana melalui agen penjual yang telah ditunjuk pemerintah.

Prosedur pembelian sukuk ritel pun cukup mudah. “Calon investor bisa langsung datang ke agen penjual, isi formulirnya, lakukan penyetoran dana ke rekening khusus Sukuk Negara Ritel, terima bukti pembelian dari agen penjual. Investor kemudian akan mendapat imbalan setiap bulan,” papar Direktur Jenderal Direktorat Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Robert Pakpahan dalam Launching Sukuk Ritel SR-008, Kamis (18/2).

Calon nasabah dapat mendatangi agen penjual sukuk ritel yang ditunjuk pemerintah dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Memiliki/membuka rekening tabungan pada salah satu bank umum
  2. Membuka rekening surat berharga pada salah satu Sub Registry, jika belum memiliki.
  3. Menyetor dana sesuai jumlah pemesanan pembelian minimal Rp 5 juta dan kelipatannya ke rekening “Sukuk Negara Ritel” atau rekening penampungan pada bank yang telah ditunjuk oleh agen penjual (maksimal total pemesanan nasabah sebesar Rp 5 miliar).
  4. Mengisi formulir pemesanan pembelian dan melampirkan fotokopi KTP serta fotokopi bukti transfer dana.

Masa penawaran sukuk ritel dimulai 19 Februari 2016 hingga 4 Maret 2016. Sukuk dengan imbal hasil 8,30 persen ini bertenor tiga tahun dan akan jatuh tempo pada 10 Maret 2019. Pemerintah pun telah menetapkan 26 lembaga keuangan sebagai agen penjual sukuk ritel. Baca: Pesan Sukuk Ritel SR-008 di 26 Agen Penjual Ini!

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment