Pasar Modal Syariah
180 views

Apakah Strategi Investasi Saham Kita Sudah Benar Atau Belum

by on 11/09/2017
 

Strategi investasi merupakan faktor terpenting dalam berinvestasi di dunia saham

Hal tersebut yang akan menentukan seseorang akan sukses atau tidak dalam berinvestasi saham. Seorang investor yang bijak sebelum mereka menjalankan investasinya mereka telah membuat rancang bangun strategi investasi mereka.

Baik itu dalam hal memutuskan pembelian dan penjualan saham perusahaan yang dipilihnya, Strategi

  1. apa saja yang akan diambil disaat harga mengalami PENURUNAN secara tajam?
  2. Bagaimana anda melakukan pengelolaan portofolio saham anda?
  3. Berapa lama anda akan menahan portofolio saham anda ?
  4. Berapa target persentase keuntungan yang ingin anda peroleh dalam harian,mingguan ataupun bulanan ?
  5. Berapa persentase fresh money yang harus disediakan untuk menerapkan strategi average down; average up?
  6. Kriteria apa saja yang menjadi faktor utama sang investor berinvestasi dalam sebuah perusahaan yg akan dibeli sahamnya?

Pertanyaan  diatas merupakan standar pertanyaan yang akan timbul dalam dunia investasi saham, Kini pertanyaannya yang akan timbul selanjutnya adalah APAKAH REKAN – REKAN TELAH MEMILIKI JAWABAN ATAS KESELURUHAN PERTANYAAN TERSEBUT?

Apakah Strategi Investasi Saham Kita Sudah Benar Atau Belum#SahamSyariah#StrategiInvestasi Click To Tweet

Jika sudah anda merupakan investor yang telah siap terjun dalam dunia saham namun sebaliknya apabila rekan – rekan belum menemukan jawabanya, maka langkah bijak yang harus dilakukan adalah tentukan jawaban atas masing-masing pertanyaan diatas tersebut.

Mengapa rekan – rekan harus dapat menjawab pertanyaan – pertanyaan tersebut ? Karena apabila rekan – rekan telah mampu menentukan strategi investasi yang baik,maka sangat besar kemungkinan anda akan memperoleh keuntungan dalam investasi saham sangatlah besar.

Hal ini dapat kita ibaratkan saat kita memilih kapal laut, Meskipun kita telah memilih kapal ikan yang memiliki teknologi yang sangat canggih. Akan tetapi apabila anda tidak bisa MENJALANKAN KAPAL DAN TIDAK PAHAM FUNGSI – FUNGSI TEKNOLOGI KAPAL TERSEBUT maka dalam hitungan JAM atau bahkan MENIT kapal tersebut akan TENGGELAM KARENA MENABRAK KARANG DILAUTAN.

Bukannya untung dengan mendulang ribuan ikan laut dari hasil tangkapan ,eiii malah buntung akibat TIDAK PAHAM PENGOPERASIAN KAPAL tersebut. KAPAL BERTEKNOLOGI CANGGIH merupakan gambaran dari PERUSAHAAN yang telah kita pilih.Sedangkan PENGOPERASIAN KAPAL merupakan gambaran kebijakkan rekan – rekan dalam mengelola investasi kalian guys

Jika seorang investor mengalami kerugian secara terus menerus dalam berinvestasi saham atau berdagang saham. Kemungkinan besar di sebabkan oleh pemilihan strategi investasi yang salah, kurang tepat atau bahkan buruk. Sekalipun kita memilih saham perusahaan yang hebat dan berkualitas internasional sekalipun

Namun dalam pengelolaan portofolio saham dan strategi yang buruk maka besar kemungkinan akan mengalami KERUGIAN YANG BESAR TELAH MENANTI DIDEPAN MATA. Investor yang bijak harus terus memperbaiki kebijakkan investasinya. Mengintropeksi diri dan mencari letak kesalahan dalam mengambil keputusan strategi investasi. Setelah menemukan LETAK KESALAHAN investasi maka langkah selanjutnyabadalah memperbaiki STRATEGI INVESTASI tersebut.

Kesalahan,kerugian,dan kegagalan merupakan hal yang wajar dalam dunia investasi, Seluruh investor sukses duniapun pasti pernah mengalami KESALAHAN DALAM MENENTUKKAN STRATEGI INVESTASI Yang berakibat kerugian besar dari segi financial mereka. Dengan kesalahan tersebut mereka dapat menyusun strategi dan membuat keputusan LEBIH BAIK LAGI disaat menghadapi PERMASALAHAN yang sama.

Dengan memperbaiki dan meningkatkan kualitas kebijakkan investasi yang di pilihnya, Seorang investor dapat menemukkan KUNCI SUKSES yang membawa mereka kedalam kesuksesan berinvestasi. Hal yang perlu diperhatikan adalah Resiko dalam berinvestasi dunia saham akan menjadi SANGAT TINGGI ketika kita menjalankan strategi investasi yang buruk. Apalagi kita tidak memiliki STARTEGI INVESTASI sama sekali Hal ini ibarat MENGENDARAI MOBIL DENGAN MATA TERTUTUP. Namun apabila kita telah memiliki strategi investasi yang baik maka resiko investasi yang akan kita hadapi dapat di MINIMALISIR bahkan menjadi ZERO PERSEN Dalam kondisi pasar yang sangat fluktuatif dan tidak pasti.

Maka oleh karena itu KERANGKA STRATEGI INVESTASI merupakan TIANG UTAMA sebagai pegangan dalam mengelola investasi kita terutama dalam menghadapi kondisi pasar yang sangat tidak stabil Jika kita tidak memiliki STRATEGI INVESTASI maka sebagian besar yang akan mempengaruhi keputusan JUAL ATAUPUN MEMBELI SAHAM adalah PSIKOLOGI rekan – rekan sekalian.

Dimana jika rekan – rekan melihat harga saham mengalami penurunan tajam maka psikologi yg terbentuk adalah rasa panik dan prustasi sehingga langkah yang sering diambil adalah keputusan CUT LOSS eii padahal besoknya naik tinggi yang makin membuat rasa prustasi lebih tinggi lagi dan mengatakan bodoh sekali saya ya. Coba saya tahan kemarin atau atau lakukan average down pastilah saya mendapatkan keuntungan yang besar.

Begitu juga sebaliknya saat harga mengalami PENINGKATAN psikologi yang terbentuk adalah HARAPAN HARGA TERUS AKAN NAIK Eii padahal esok harinya harga saham mengalami penurunan sebesar 5% sd 8% dari hari kemarin. Sehingga memunculkan pikiran BODOH KALINYA SAYA coba kemarin saya TAKING PROFIT keuntungan 10% sudah saya peroleh kemarin hal ini tidak dapat saya PEROLEH KARENA SERAKAH.

Hal diatas akan terus terjadi apabila rekan rekan tidak memiliki strategi investasi yg baik oleh karena itulah STRATEGI INVESTASI DALAM DUNIA SAHAM diperlukan. Hal yg paling baik adalah pergunakkan strategi investasi sesuai dengan diri kita masing – masing. Baik itu penetapan batas cutloss yg dapat rekan – rekan terima,baik batas Tstop yang di pergunakkan sebagai langkah awal sebelum melakukan cutloss, Baik itu besaran persentase fresh money yang rekan – rekan miliki untuk menjalankan startegi average down ataupun average up untuk mencapai kesuksesan dalam berinvestasi dunia saham.

 

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment