Knowledge Base
409 views 0 comments

Apa Tugas dan Kewajiban Manajer Investasi?

by on 20/06/2017
 

Manajer investasi berperan sebagai wakil investor.

Manajer investasi menjadi salah satu unsur penting dalam pengelolaan reksa dana syariah. Kalau nggak ada manajer investasi, mana bisa kamu investasi di reksa dana syariah, ya nggak? Sebagai seorang investor, kamu juga perlu tahu apa aja sih tugas dan kewajiban manajer investasi?

Pada dasarnya, manajer investasi berperan sebagai wakil investor dalam pengelolaan investasi reksa dana syariah yang berkewajiban untuk melaksanakan investasi bagi kepentingan investor. Ini berbeda dengan bank kustodian yang ibaratnya berperan sebagai kasir yang menerima uang dan mengawasi manajer investasi.

Ibarat seorang koki di restoran yang bertugas membuat masakan terenak buat konsumen, manajer investasi juga berperan sebagai koki reksa dana syariah. Tugasnya: ’memasak’ dana investasi nasabah, sehingga bisa memberikan imbal hasil yang menarik bagi investor.

Head of Corporate Secretary & Business Support Mandiri Manajemen Investasi Mauldy R Makmur menjelaskan, di reksa dana syariah terdapat akad antara investor dengan manajer investasi, yaitu akad wakalah bil ujrah. Di sini manajer investasi bertugas sebagai wakil dari investor untuk melakukan investasi, serta mengakomodir semua investasi nasabah untuk ditempatkan di berbagai instrumen investasi. Dari pengelolaan investasi tersebut, manajer investasi akan memeroleh upah.

Sementara, waktu manajer investasi menginvestasikan ke efek syariah, akad yang dipakai adalah mudharabah yang berbasis bagi hasil. Dari hasil investasi itu, kamu berhak menerima bagi hasil investasi selama kamu masih belum mencairkan reksa dana syariah.

Di Indonesia setidaknya ada 45 manajer investasi yang mengelola produk reksa dana syariah. Berdasar data Otoritas Jasa Keuangan per Mei 2017, ada 150 produk reksa dana syariah dengan total dana kelolaan mencapai Rp 18,1 triliun. Jumlah tersebut meningkat tiga kali lipat dari tujuh tahun lalu.

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment