Knowledge Base
464 views 0 comments

Apa Sih Wali Amanat Sukuk Itu?

by on 22/05/2017
 

Wali amanat sukuk bertugas mewakili kepentingan investor.

Dalam penerbitan sukuk korporasi, ada berbagai pihak yang terlibat. Tidak hanya investor dan penerbit sukuk saja, tapi ada juga pihak lainnya yang namanya wali amanat. Apa itu wali amanat sukuk? Apa saja tugas dan perannya dalam penerbitan sukuk korporasi?

Dalam penerbitan sukuk korporasi, wali amanat merupakan pihak yang ditunjuk oleh emiten penerbit sukuk untuk mewakili kepentingan investor sukuk. Peran wali amanat ini cukup penting untuk memastikan kepentingan investor terwakili dan haknya seputar investasi di sukuk bisa diperoleh.

Oleh karena itu, ada beberapa tugas utama wali amanat dalam penerbitan sukuk yang perlu kamu tahu sebagai investor sukuk. Diantara tugas wali amanat adalah menganalisis kemampuan dan kredibilitas emiten, serta menilai kekayaan emiten yang dijadikan underlying asset sukuk dan melakukan pengawasan terhadap kekayaan emiten.

Hal tersebut dilakukan tak hanya untuk mengetahui kemampuan membayar imbal hasil dan dana pokok oleh emiten penerbit sukuk. Langkah itu dilakukan pula guna memastikan nilai penerbitan sukuk sesuai dengan nilai aset yang dijadikan dasar penerbitan.

Selain itu, tugas wali amanat juga mencakup hal-hal lainnya seperti mengikuti perkembangan perusahaan emiten dan memberikan nasihat kepada emiten jika diperlukan. Serta, memantau dan mengawasi pembayaran imbal hasil setiap bulan dan dana pokok sukuk tepat pada waktunya.

Dalam penerbitan sukuk, wali amanat juga punya kuasa untuk mewakili investor hingga melakukan tindakan hukum jika terdapat penerbitan sukuk yang tak sesuai. Jadi, jika ada penerbit sukuk yang lalai, wali amanat bisa mengajukan gugatan hukum atas nama investor, sehingga dokumentasi gugatan hukum bisa lebih sederhana.

Lalu, siapakah yang bisa menjadi wali amanat sukuk? Dalam hal ini, yang dapat bertindak sebagai wali amanat sukuk bukanlah sembarang lembaga. Yang bisa menjadi wali amanat sukuk adalah bank, lembaga keuangan non bank, atau lembaga lainnya yang sudah mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, pastikan ketika akan berinvestasi sukuk, kamu tak hanya mencari tahu soal berapa imbal hasilnya, tapi juga mengetahui lembaga yang menjadi wali amanat dari sukuk incaran kamu. Pastikan lembaga tersebut kredibel dan telah berpengalaman dalam jasa perwaliamanatan sukuk, ya.

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment