Pasar Modal Syariah
882 views

Apa Saja Keuntungan Investasi di Reksa Dana Manulife Syariah Sukuk Indonesia?

by on 22/05/2017
 

Indikasi return mencapai 8 persen.

Manulife Asset Management Indonesia (MAMI) baru aja ngeluarin produk reksa dana syariah terbarunya, Manulife Syariah Sukuk Indonesia, ketika Keuangan Syariah Fair 2017 berlangsung di Semarang, akhir pekan lalu. Seperti apa sih produk ini? Apa saja keunggulan yang ditawarkan produk reksa dana berbasis sukuk ini?

Sesuai namanya, portofolio Manulife Syariah Sukuk Indonesia mayoritas ditempatkan di instrumen sukuk. Kebijakan investasinya 85-100 persen dari aset yang dikelola untuk diinvestasikan di sukuk pemerintah maupun korporasi dan 0-15 persen di instrumen pasar uang syariah di bawah 1 tahun.

Karena investasi dialokasikan sebagian besar ke sukuk yang penerbitannya memiliki underlying asset berupa aset berwujud dan nilai manfaat, maka kondisi tersebut diharapkan memiliki risiko likuiditas dan risiko gagal bayar yang minim. Pemilihan aset keuangan syariah sendiri tersaring dengan parameter yang ketat dari sisi aktivitas bisnis dan rasio keuangan. Dengan demikian, insya Allah investasi kamu cukup aman.

Risiko Manulife Syariah Sukuk Indonesia yang minim ini pun sesuai bagi investor pemula yang masih terbiasa dengan produk perbankan seperti deposito. Namun, membutuhkan produk investasi syariah dengan potensi imbal hasil lebih tinggi dan risiko relatif rendah.

“Kami punya produk investasi yang cocok dengan investor pemula yang biasanya menempatkan dana di tabungan dan deposito. Ini bisa jadi alternatif karena resikonya tidak jauh dari deposito tapi bisa memberi hasil optimal karena diinvestasikan di pasar modal syariah,” jelas Presiden Direktur MAMI Legowo Kusumonegoro.

Berdasarkan backtesting yang dilakukan, secara historis Manulife Syariah Sukuk Indonesia memberikan kinerja lebih tinggi dibandingkan dengan produk konvensional perbankan. Dalam portfolio backtesting Manulife Syariah Sukuk Indonesia, indikasi returnnya mencapai 8 persen.

Keunggulan lainnya adalah produk reksa dana ini juga akan mencairkan sebagian imbal hasil, yang disebut dividen, setiap bulannya ke rekening investor layaknya bunga deposito. Namun, pembagian dividen ini akan sangat tergantung pada kinerja reksa dana dan tidak ada garansi atas frekuensi pembagian dividen, ya.

Nah, selain mencatatkan diri sebagai reksa dana syariah pertama yang membagikan dividen kepada para investornya, Manulife Syariah Sukuk Indonesia juga mudah dicairkan. Jadi ketika kamu membutuhkan dana mendesak, kamu dapat segera mencairkan reksa dana ini. Manulife Syariah Sukuk Indonesia dapat dicairkan setiap hari bursa dengan proses pencairan 2-3 hari kerja sampai dana diterima di tabungan investor. Cukup cepat kan?

Jadi, bagaimana sudah tertarik untuk berinvestasi di Manulife Syariah Sukuk Indonesia?

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment