Pasar Modal Syariah
67 views

Apa Itu Sukuk Tabungan?

by on 17/07/2017
 

Sukuk tabungan memiliki fasilitas early redemption.

Selain sukuk ritel, pemerintah Indonesia ternyata punya instrumen investasi syariah lainnya yang ditujukan bagi investor individu, loh. Namanya, sukuk tabungan. Apa itu? Sukuk tabungan adalah sukuk negara yang merupakan tabungan investasi bagi orang perseorangan warga negara Indonesia.

Dengan menjadi salah satu alternatif diversifikasi investasi bagi masyarakat dan pembiayaan pemerintah, sukuk tabungan pun tak hanya ditujukan bagi investor muslim. Instrumen ini dapat dimanfaatkan bagi seluruh investor warga negara Indonesia yang ingin mendiversifikasikan asetnya di berbagai jenis instrumen investasi.

Sebgaimana sukuk ritel, sukuk tabungan pun ditawarkab oleh agen penjual. Hanya saja tenor sukuk tabungan berbeda dengan sukuk ritel. Tenor sukuk tabungan lebih pendek dari sukuk ritel. Jika tenor sukuk ritel adalah 3 tahun, tenor sukuk tabungan hanya 2 tahun saja.

Namun, sama dengan sukuk ritel, pembayaran imbalan dan nilai nominal sukuk tabungan juga dijamin penuh oleh negara. Jadi kamu nggak perlu kuatir dengan kepastian pengembalian dana investasi kamu. Imbal hasil juga pasti akan dibayar setiap bulan.

Nah, untuk penetapan imbal hasil sukuk tabungan ini pun mengacu pada imbal hasil surat berharga negara lainnya dengan tenor sama serta referensi dari suku bunga Bank Indonesia (BI Rate). Pada sukuk tabungan yang diterbitkan tahun lalu, pemerintah menetapkan imbal hasilnya sebesar 6,9 persen.

Secara umum, sukuk tabungan diterbitkan tanpa warkat dan berdasarkan prinsip syariah. Tanpa warkat artinya pemerintah tidak akan mengeluarkan surat atau dokumen apapun karena otomatis transaksi sukuk tabungan akan tercatat di rekening surat berharga negara.

Sebagaimana instrumen sukuk negara lainnya, sukuk tabungan merupakan bukti penyertaan atas aset surat berharga syariah negara. Namun, sukuk ini tidak bisa diperdagangkan di pasar sekunder. Pemerintah hanya menyediakan fasilitas early redemption bagi investor yang ingin menjual sukuknya sebelum jatuh tempo.

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment