IKNB Syariah
737 views

60 Persen Investasi Asuransi Syariah di Pasar Modal

by on 08/11/2016
 

Sekitar 80 persen produk asuransi syariah adalah produk unitlink.

Direktur Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Syariah Otoritas Jasa Keuangan Moch Muchlasin mengatakan, tingkat ketergantungan bisnis diantara IKNB dan sektor keuangan syariah lainnya tercatat masih tinggi. Penempatan dana investasi asuransi syariah pun sebagian besar masih berada di pasar modal syariah.

“Penempatan investasi IKNB syariah sekira 60 persen ditempatkan pada produk pasar modal syariah, sedangkan 38 persen diinvestasikan di produk perbankan syariah. Jadi sebarannya masih kurang,” katanya dalam Media Workshop Menakar Prospek Asuransi Jiwa Syariah di Tengah Dinamika Ekonomi, Selasa (8/11).

Menurut dia, hal tersebut pun menandakan inovasi produk asuransi syariah di Indonesia masih kurang. “Sekitar 80 persen produk asuransi syariah adalah produk unitlink, selebihnya berupa asuransi pembiayaan,” ungkap Muchlasin. Sampai Agustus 2016, investasi asuransi syariah tercatat sebesar Rp 24,2 triliun.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Aktuari Prudential Indonesia Kim Eng Yeoh menjelaskan, unitlink merupakan produk asuransi jiwa yang terkait dengan investasi. “Premi (kontribusi) dibayar nasabah untuk investasi dan perlindungan sesuai dengan kebutuhan nasabah,” paparnya.

Ia menambahkan, porsi investasi dari pembayaran premi akan dimasukkan ke dana investasi sesuai pilihan nasabah. Kinerjanya pun akan mengikuti performa instrumen yang berbasis di pasar modal. “Dengan dana investasi ini nasabah dapat memeroleh hasil investasi dalam periode tertentu,” ujar Yeoh.

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment