Knowledge Base
261 views 0 comments

6 Tips Perdagangan Saham Dalam Strategi Scalping

by on 22/08/2017
 

Dibalik setiap bisnis yang sukses pasti memiliki strategi Khusus yang dapat menunjang kesuksesan bisnisnya. Seperti halnya bisnis Rumah Makan, Bisnis FastFood yang sukses seperti Pizza Hut,KFC, McD Gokana dan lain lain, pastilah memiliki strategi untuk menjadikan mereka sukses dalam berbisnis Fast Food tersebut. dalam Bisnis FastFood terdapat banyak strategi yang dipergunakan seperti : Strategi Cita Rasa Resep, Pengemasan (Packaging),Metode Marketing, dan sebagainya. Lalu Bagaimana dalam Perdagangan Saham apakah kita memiliki strategi khusus atau hanya sekedar ikut-ikutan Pom-Pom seseorang yang tidak kita kenal memberikan rekomendasi SP berbicara.

Saat ini terdapat banyak pedagang saham yang ingin mendapatkan profit (cuan)  dengan perdagangan saham dengan cara cepat. Salah satu langkah yang ditempuh oleh para pedagang saham tersebut untuk memperoleh keuntungan secara cepat adalah dengan scalping trading. Teknik Trading yang paling populer dikalangan Investor Ritel. Scalping adalah perdagangan jangka pendek dengan time frame harian hingga mingguan bahkan ada permenit. Trader yang melakukan scalping umumnya menggunakan Analisis Teknikal dengan hanya membidik keuntungan 2,5% sd 5% lalu di jual kembali.

Dengan mengambil keuntungan sekecil itu, para Scalper berpandangan bahwa hal tersebut jauh lebih mudah dibandingkan mengejar keuntungan 10% atau 20% dalam satu kali perdagangan. Seringkali mereka juga mengambil jumlah lot yang jauh lebih banyak untuk satu kali pembukaan posisi dibandingkan para trader kebanyakan.

6 Tips Perdagangan Saham Dalam Strategi Scalping #PasarModalSyariah#SOTS Click To Tweet

Andai kata dengan modal Rp 10.000.000 para Scalper dapat membuka posisi perdagangan hingga mereka dapat membuka posisi berkali-kali hingga puluhan kali dalam satu hari. Seorang scalper biasanya menggunakan time frame 1 hari hingga mingguan  dalam trading mereka. 1 hari berguna untuk menentukan major trend yang sedang terjadi sedangkan mingguan digunakan sebagai penentu eksekusi penjualan.

Trading dengan teknik scalping harus memiliki keahlian khusus, jangan sekali-kali menggunakan teknik ini jika anda masih baru terjun didunia saham karena pedagang yang mempergunakkan strategi trading ini pedagang yang telah memiliki kemampuan menganalisa secara teknikal ataupun fundamental.

6 Tips Apabila Ingin Mempergunakkan Strategi Scalping :

  • Pastikan Memilih Emiten berfundamental baik dan memiliki pola grafik yang memiliki fluktuasi harga sahamnya tidak terlalu berflutuaktif atau bisa di prediksi oleh diri anda sebagai contoh saham – saham yang terdapat dalam daftar Blue Chip (LQ 45).
  • Menetapkan TStop sebesar 2% sebagai ancang-ancang rekan-rekan apabila ingin melakukan cutloss.
  • Menetapkan batas maksimal kerugian atas tindakkan cutloss sebesar 5% dari nilai entry
  • Terapkan strategi management resiko dengan menempatkan dalam beberapa keranjang saham pilihan untuk melakukan strategi scalping dan maksimun dana yang dapat anda pergunakan untuk scalping adalah maksimun 30% dari Modal Anda untuk beberapa kerangjang saham pilihan anda.
  • Memiliki tingkat kosentrasi tinggi dan fokus dalam trading karena dalam menjalankan suatu order dalam jumlah yang besar dalam jangka waktu yang pendek – hal ini membutuhkan konsentrasi yang maksimum dari seorang trader pada grafik dan jejak pergerakan pasar. Apabila  seorang trader tidak memiliki tingkatan reaksi yang dibutuhkan, ada kemungkina pedagang tersebut tidak akan tepat waktu pada saat membuka order di harga yang diinginkan, yang akan menyebabkan tidak bisanya menerima keuntungan yang diharapkan.
  • Dan hal yang paling penting adalah jangan melakukan entry harga Ketika Harga pada Posisi di atas dengan pengecualian apabila rekan – rekan ingin melakukan TEST THE WATER yang berfungsi untuk menentukkan pola market baik itu harga terendah, harga tertinggi dan keuntungan scalping tertinggi yang dapat diperoleh, dalam saham tersebut dengan jumlah lot kecil apabila tidak melakukan TEST THE WATER maka entrylah  ketika posisi harga middle Low

Demikian penjelasan perihal strategi scalping dalam dunia trading saham dan 6 Tips dalam menjalankan strategi scalping. Semoga artikel ini dapat memberikan tambahan ilmu dan pengalaman dalam dunia perdagangan saham rekan-rekan pasar modal syariah.

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment