Pasar Modal Syariah
5047 views

6 Keuntungan Investasi Reksa Dana Syariah

by on 28/04/2016
 

Ada enam keuntungan yang didapat ketika kita berinvestasi reksa dana syariah secara online.Apa saja?

Keuntungan reksa dana syariah itu sama dengan reksa dana konvensional, yakni dana yang diinvestasikanya kecil minimal setoran awal Rp 100 ribu.

Demikian disampaikan Manager Sosial Media Indo Primer, Riri Sulinantri dihadapan peserta talkshow Pasar Modal Syariah di Institute Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta, Rabu (27/4).

“Nah, kalau saham kan nggak ada minimal setoran awal yang penting satu lot. Tapi kalau reksa dana mulai dari Rp 100 ribu sudah bisa transaksi reksa dana, baik reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham,” papar Riri.

Pada kesempatan ini, Riri pun menyampaikan enam keuntungan investasi reksa dana syariah secara online di IPOT Syariah, yaitu :

1.Dana yang diinvestasikan kecil.
Artinya, reksa dana syariah dapat dibeli dengan nominal kecil. Jika deposito ada batasan minimal Rp 5 juta, dengan reksa dana syariah bisa mulai berinvestasi sebesar Rp 100 ribu.

2. Likuid
Kemudahan suatu aset bisa dicairkan sewaktu-waktu. “Gampang dicairkan, tapi dananya nggak hari itu juga masuk ke rekening.Jadi misalnya, kita punya reksa dana pasar uang, masuk ke rekening maksimal hari kedua atau hari kerja,” ujar Riri.

Beberapa transaksi Nasabah di IPOT Syariah tidak dikenakan biaya Click To Tweet

3. Praktis
Untuk membeli reksa dana syariah, Anda bisa melakukannya online melalui agen penjualan atau langsung kepada perusahaan Manager Investasi (MI) atau Asset Management.

Lalu kalau beli di IPOT Syariah, darimana IPOT dapat untungnya.Ririn menjelaskan, IPOT Syariah dapat keuntungan dari berbagi management fee dari Manager Investasi (MI). Jadi untuk nasabah-nasabah IPOT Syariah tidak dikenakan lagi biaya.

4.Fleksibel
Anda dapat membeli atau menjual reksa dana syariah kapan saja sepanjang ada koneksi internet.

5. Diversifikasi
Tidak hanya MI atau pengelola reksa dana syariah saja yang bisa mendiversifikasi suatu portofolio.Tetapi investor juga bisa mendiversifikasi berbagai tipe reksa dana syariah seperti pasar uang, pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan saham.

“Misalkan kalau kita beli reksa dana saham itu kan instrumen didalamnya ada beberapa saham.Sementara kalau kita beli saham sendiri paling kita beli 1-2. Dengan beli reksa dana saham itu sama saja dengan kita membeli lebih dari 10 saham sekaligus, tapi yang milih dan mengelola adalah MI, kita terima beres,” terang Riri.

Dengan beli reksa dana saham berarti kita membeli 10 saham sekaligus Click To Tweet

6.Keterbukaan informasi
Investor dapat melihat daftar reksa dana syariah dan kinerjanya setiap hari secara online.

Dengan membeli reksa dana syariah di Inpot Syariah tersedia update informasi mengenai portofolio investor terkait reksa dana syariah yang sudah dibeli disajikan dalam portofolio yang bisa dibuka kapan saja.

“Nggak usah diprint kaya di bank. Jadi secara online bisa melihat portofolio saham dan reksa dana yang kita punya, begitu pula perkembangan kinerjanya bisa langsung dilihat,” pungkasnya.

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment