Pasar Modal Syariah
1372 views

6 Ciri-Ciri Investasi Yang Wajib Kamu Waspadai, Karena Kemungkinan Bodong!

by on 29/06/2016
 

Investasi bodong masih terus marak dan menipu banyak kalangan masyarakat di berbagai daerah di tanah air. Kamu wajib waspada investasi bodong ini, agar tidak ikut-ikutan menjadi korban! Yuk, simak ciri-ciri invetasi yang kemungkinan bodong berikut di bawah ini;

Kasus maraknya investasi bodong di berbagai daerah di Tanah Air, mungkin sudah sering kamu dengar. Seperti beberapa waktu lalu, investasi Dream for Freedom, Add Farm, Koperasi Langit Biru dan juga kasus-kasus lainnya, banyak membuat masyarakat tertipu.

Investasi bodong tersebut awalnya memang menjanjikan manisnya produk investasi, namun pada akhirnya malah menyengsarakan para investornya, dimana para pengelola investasi tersebut biasanya melarikan diri (kabur) dari tanggung-jawabnya.

Nah, karena itu, kamu-kamu yang masih muda dan lagi semangat-semangatnya untuk mencoba berinvestasi, jangan sampai tertipu dengan model bisnis investasi bodong tersebut!

Ini ciri2 investasi bodong, waspadalah! Click To Tweet

Berikut ciri-ciri investasi yang kamu layak waspadai!

1. Memberikan iming-iming imbal hasil yang sangat tinggi (high rate of return).
Sebuah investasi memang bisa memberikan imbal hasil yang tinggi, namun demikian kalau imbal hasilnya sangat tinggi, atau di luar kebiasaan, kamu harus waspada! Karena bisa jadi itu hanya ilusi untuk melenakan calon investor.

2. Menjamin investasi tidak memiliki risiko investasi (free risk)
Adalah sebuah hal yang tidak mungkin sebuah investasi tidak memiliki resiko. Karena itu, apabila ada yang mengajak kamu sebuah investasi yang dikatakan tidak ada resikonya itu adalah bullshit belaka.

3. Pemberian bonus dan cashback yang sangat besar bagi konsumen yang bisa merekrut konsumen baru.
Iming-iming bonus besar apabila kamu bisa merekrut konsumen baru, wajib diwaspadai. Karena dari mana sumber uang untuk memberikan bonus besar ke kamu itu, pantas kamu pertanyakan.

4. Penyalahgunaan testimoni dari para tokoh masyarakat atau pejabat
Waspadailah investasi yang banyak mencatut nama besar tokoh masyarakat, pejabat atau artis! Jangan terlena dengan testimoni dari nama-nama besar, karena bisa jadi nama tersebut hanya dimanfaatkan saja oleh si pengelola investasi, padahal belum tentu juga testimoninya itu benar.

5. Janji kemudahan untuk menarik kembali aset yang diinvestasikan dan jaminan keamanan aset yang diinvestasikan (easy, flexible and safe)
Jangan mudah tergoda dengan janji tersebut di atas, karena pada praktiknya ketika kamu sudah berinvestasi di sebuah investasi yang tidak jelas, dan kamu ingin keluar, biasanya yang kamu dapat bukanlah kemudahan menarik kembali investasi kamu, melainkan yang ada justru sangat sulit investasi kamu untuk ditarik kembali.

6. Jaminan pembelian kembali tanpa pengurangan nilai (buy back guarantee)
Ini juga janji yang sangat muluk dan tidak masuk akal. Bagaimana bisa pengelola investasi menjanjikan hal di atas, padahal saat mengembangkan investasi ini mereka membutuhkan dana yang tidak sedikit, dan sebagian dana tersebut adalah diambil dari para investor.

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment