Pasar Modal Syariah
930 views

5 Tips Dagang Saham Dengan Metode Bottom Fishing

by on 04/09/2017
 

Strategi bottom fishing merupakan suatu strategi yang dilakukan oleh seorang atau sekelompok investor terhadap saham yang jatuh atau menurun tiba-tiba secara drastis. Saham-saham yang terdiskon secara besar-besaran  tiba-tiba berpotensi untuk mengalami technical rebound.

Technical rebound pada saham-saham yang turun mendadak dan tajam juga seringkali disebut dengan Dead Cat Bounce. Istilah Dead Caat Bounce ini diperkenalkan oleh seorang jurnalis dari Singapore dalam sebuah tulisannya.Nilai investasi dikonsentrasikan pada perusahaan-perusahaan yang sangat murah. Istilah seringkali bernada ejekan karena menyiratkan kurangnya perhatian terhadap kualitas investasi yang dipilih.

[bctt tweet=”5 Tips Dagang Saham Dengan Metode Bottom Fishing#SahamSyariah#PasarModalSyariah” username=”acekaes”]

Strategi ini dapat menghasilkan keuntungan yang sangat baik karena valuasi yang rendah berarti ada banyak ruang untuk kenaikan. Biasanya ada alasan tertentu mengapa saham memiliki valuasi rendah sehingga memilih saham yang sangat murah dapat berbahaya karena dapat mencerminkan risiko tinggi.

Technical rebound itu sendiri merupakan suatu kenaikan harga saham yang menyerupai efek pantulan bola yang jatuh. Technical rebound bersifat sangat cepat dan sifatnya sementara, oleh karena itu harus hati-hati dalam memanfaatkannya dan harus cepat dalam memanfaatkannya. Salah satu tips dalam memanfaatkan technical rebound atau Dead Cat Bounce adalah menunggu di support terkuat.

Hampir rata-rata trader saham sangat suka memantau saham yang turun, apalagi turunnya cukup tajam. Alasan klasik yang sering melanda oleh para trader yang suka membeli saham disaat harga terdiskon habis – habisan, karena yang turun tajam akan berpeluang rebound tajam pula (fenomena pingpong). Ya fenomena rebound memang selalu terjadi, tapi tidak diketahui kapan dan seberapa besar TP yang akan diperoleh oleh trader.Selain itu tidak ada keharusan juga buat bandar untuk segera mereboundkan saham yang turun tajam atau bahkan akan melakukan penurunan lebih dalam lagi untuk dapat melakukan buyback saham yang mereka incar tersebut

Rata-rata trader yang selalu melakukan strategi ini adalah para trader yang selalu menerapkan transaksi trading secara cepat atau kita kenal sebagai Swing trader. Rata – rata para trader pemula terlalu mengecilkan makna swing trading ini dikarenakan mereka masih belum memahami TA secara signifikan dan masih hanya bermodalkan kecil. Strategi ini dapat menghasilkan keuntungan yang sangat baik karena valuasi yang rendah berarti ada banyak ruang untuk kenaikan. Biasanya ada alasan tertentu mengapa saham memiliki valuasi rendah sehingga memilih saham yang sangat murah dapat berbahaya karena dapat mencerminkan risiko tinggi.

Dengan tingkat kesulitan yang tinggi itu, apakah lantas potensi profitnya juga tinggi? Ya belum tentu juga. Yang coba-coba melakoni swing trading strategi ini, alih-alih untung, kamu akan cukup beruntung jika berhasil keluar dari market tanpa Cut loss. Susah ya?

Bagi rekan – rekan yang ingin menerapkan strategi bottom fishing dapat menerapkan 5 (lima) tips berikut ini :

  1. Dalam melakukan Bottom Fishing pada saham-saham yang turun tajam dan mengharap teknikal rebound harus sangat hati-hati
  2. Tentukan besaran persentase Trailing stop secara manual yang merupakan dasar rekan – rekan melakukan cut loss emitten saham yang sedang berada dalam posisi harga diskon besar-besaran.
  3. Mengetahui persis valuasi saham yang akan kita pilih apakah dalam posisi undervalued dan diprediksi akan mencetak kinerja yang terang benderang dari segi fundamental karena saat pembagian deviden terjadi kelak nantinya lebih disukai ketimbang yang tidak mencatatkan kinerja keuangan yang baik.
  4. Support kuat terdeteksi dengan hadirnya aksi akumulasi di area tersebut. Tidak usah terlalu berharap atas volume besar, karena market market bisa saja masuk dengan cara pamer borongan ataupun menyicil secara bertahap saham – saham yang sedang mengalalami penurunan harga tersebut.
  5. Pola-pola bottom fishing biasanya akan berulang secara berulang-ulang kali. Tapi sebagus apapun TA buat swing trader terapkan untuk tingkat keberhasilan yang diperoleh oleh swing trader hanya berada 30% – 35% Swing trader berhasil melakukan strategi ini.

Demikian lah materi bottom fishing yang dapat kami infokan semoga dengan materi ini dapat memberikan pola strategi lainnya dalam hal berdagang saham. Sehingga dapat mengantarkan rekan-rekan dalam kesuksesan dalam berinvestasi di dunia pasar modal syariah dalam hal ini yaitu saham syariah.

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment