Bank Syariah
268 views

Bank Victoria Syariah Gandeng Baznas Salurkan Zakat Ke Kampus IIQ Jakarta

by on 11/10/2017
 

Bank Victoria Syariah salurkan zakat sebesar Rp 300 juta untuk membangun kampus penghafal Al Quran.

Komitmen dan konsistensi PT Bank Victoria Syariah dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya membantu dunia pendidikan tak diragukan lagi. Salah satu Bank Syariah terkemuka di Indonesia ini mempercayakan penyaluran zakat maal karyawan dan nasabahnya kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Tahun ini, sebagian dana zakat maal karyawan dan nasabah Bank Victoria Syariah sebesar Rp 300 juta disalurkan untuk mendukung pembangunan kampus Institut Ilmu Al Qur’an (IIQ) yang merupakan kampus pencetak ahli dan penghafal Al-Qur’an.

Acara penyaluran zakat maal karyawan dan nasabah PT Bank Victoria Syariah dilaksanakan di Kampus IIQ, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten pada Rabu (11/10). Hadir dalam acara tersebut, Deputi BAZNAS Arifin Purwakananta, Direktur Operasional Bank Victoria Syariah Deddy Effendi Ridwan dan Rektor IIQ, Prof. Dr. Huzaemah T. Yanggo.

Direktur Oporeasional Bank Victoria Syariah, Deddy Effendi Ridwan, mengatakan dana tersebut diserahkan ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk disalurkan bagi pembangunan gedung perkuliahan di perguruan tinggi pencetak para ahli dan penghafal Alquran itu.

“Selain zakat yang telah kami serahkan lewat Baznas Rp300 juta, kami masih ada lagi dana zakat dari karyawan dan nasabah Bank Victoria Syariah yang ingin kami serahkan ke IIQ Jakarta,” katanya, Rabu (11/10/2017).

Direktur Operasional Bank Victoria Syariah, Deddy Effendi Ridwan mengaku memercayakan penyaluran zakat perusahaan yang dipimpinnya melalui BAZNAS. Alasannya karena BAZNAS merupakan lembaga pemerintah yang dinilai profesional dan akuntabel dalam pengelolaannya.

“Kami menilai penyaluran zakat melalui BAZNAS ini sudah sesuai sasaran, sehingga kami sangat mendukung program-program yang dilaksanakan BAZNAS,” ujarnya.

Deddy mengungkapkan, selama ini Bank Victoria Syariah juga konsisten menjalin kerjasama dengan BAZNAS dalam berbagai kegiatan sosial, terutama dalam bidang pendidikan, kesehatan maupun upaya peningkatan ekonomi masyarakat miskin.

“Kami mengajak perusahaan-perusahaan lain supaya menyalurkan zakatnya melalui BAZNAS. Hal ini agar tujuan penyaluran zakat untuk mengentaskan kemiskinan, dapat lebih mudah tercapai sebab zakat disalurkan kepada yang berhak menerimanya,” ungkapnya.

Selama tujuh tahun sejak beroperasi, Bank Victoria Syariah mengajak nasabahnya untuk peduli dan berbagi terhadap sesama yang membutuhkan bantuan. Untuk itu, penyaluran dana zakat Bank Victoria Syariah difokuskan untuk sektor kesehatan, pendidikan dan pengembangan usaha mikro melalui BAZNAS.

Dia menyampakan hal itu seusai acara penyerahan dana zakat karyawan dan nasabah Bank Victoria Syariah kepada Rektor IIQ Jakarta Huzaemah Tahido Yanggo, disaksikan Deputi Baznas Arifin Purwakananta di kampus IIQ Jakarta, Ciputat Tangerang Selatan.

Sementara itu, Rektor IIQ Jakarta, Huzaemah Tahido Yanggo, mengatakan dana zakat dari Bank Victoria Syariah Rp300 juta untuk mendukung pembangunan gedung perkuliahan belantai 4 yang diperkirakan menelan biaya hingga Rp6 miliar.

“Pembangunan gedung sangat mendesak karena IIQ Jakarta kekurangan ruang kelas perkuliahan. Disamping juga untuk memenuhi harapan calon mahasiswa, misalnya tahun ini yang medaftar 500 orang, hanya bisa diterima 300 orang,” ujarnya.

Menurutnya, IIQ Jakarta merupakan lembaga pendidikan tinggi yang menggabungkan sistem pendidikan pesantren dan perguruan tinggi, yang kini jumlah mahasiswa S1, S2 dan S3 mencapai sebanyak 1.791 orang.

Dalam Acara penyaluran zakat maal karyawan dan nasabah PT Bank Victoria Syariah Deputi BAZNAS Arifin Purwakananta mengapresiasi konsistensi Bank Victoria Syariah yang menunaikan zakat melalui BAZNAS.

“Langkah Bank Victoria Syariah ini menginspirasi perusahaan lain untuk menunaikan zakatnya melalui BAZNAS. Semoga bisa mendatangkan keberkahan bagi perusahaan dan pegawainya,” ucapnya.

Arifin mengungkapkan bahwa kepercayaan korporasi membayar zakatnya melalui BAZNAS semakin baik. Apalagi BAZNAS menawarkan penyaluran zakat dengan pendekatan pencapaian tujuan-tujuan Pembangunan Global (SDGs) yang dirilis oleh Organisasi Pembangunan PBB (UNDP).

Lebih lanjut Arifin menambahkan, bahwa program-program penyaluran BAZNAS diukur melalui metoda SROI (Social Return On Investment) sehingga terukur dan memiliki dampak yang lebih efektif.

“Hal inilah yang menyebabkan BAZNAS mulai dipilih sebagai mitra penyaluran zakat oleh banyak mitra korporasi mulai dua tahun ini,” ujar Arifin yang juga sebagai Direktur Koordinasi Pengumpulan, Komunikasi dan Informasi Zakat Nasional BAZNAS.

Arifin mengajak perusahaan lain untuk bersama-sama membangun masyarakat kurang mampu di Indonesia. Seperti Bank Victoria Syariah, yang menunaikan zakat perusahaanya untuk mendukung pembangunan kampus IIQ, yang merupakan kampus khusus yang mencetak akademisi dan generasi-generasi yang mumpuni dalam bidang ilmu Al-Qur’an.

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment