Pasar Modal Syariah
420 views

2017, Sukuk Negara Biayai 32 Universitas Islam Negeri

by on 13/07/2017
 

Total dana sukuk negara mencapai Rp 1 triliun.

Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Ditjen Pendidikan Islam akan membangun 20 unit gedung perkuliahan di berbagai fakultas Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Bangunan itu terdiri 4 unit gedung perpustakaan, 7 unit laboratorium, 6 unit ruang dosen, 2 unit auditorium, dan 1 unit asrama putri.

Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan Diktis Syafriansyah menyampaikan, pembangunan sarana prasarana pendidikan bagi UIN, IAIN, dan STAIN ini dialokasikan pada 32 PTKIN. Anggarannya menggunakan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Tahun Anggaran 2017 dengan total dana sekitar Rp 1 triliun.

Selain konsen pada peningkatan mutu pembelajaran, mutu dosen dan mahasiswa, lanjut Syafriansyah, PTKIN juga harus ditingkatkan sarana dan prasarana pendidikannya, baik ruang kuliah, laboratorium, gedung perpustakaan, sport center, maupun pusat kegiatan mahasiswa. “Kekurangan ruang kelas untuk perkualiuahan mendesak dipenuhi karena jumlah mahasiswa yang kuliah di UIN, IAIN dan STAIN meningkat drastis,” ujarnya dilansir dari laman Kementerian Agama, Kamis (13/7).

Sejak 2015, Kementerian Agama mendapat mandat untuk mengelola dana SBSN bagi peningkatan sarana dan prasarana PTKIN. Saat itu, dibangun 23 unit gedung perkuliahan di 7 PTKIN dengan total biaya pembangunan sebesar Rp 28,9 miliar. Tujuh PTKIN tersebut adalah IAIN Padang Sidempuan, IAIN Padang, IAIN Raden Intan Lampung, IAIN Maulana Hasanudin Banten, IAIN Salatiga, IAIN Tulung Agung, dan IAIN Palu.

Pada tahun anggaran 2016, sebanyak 36 unit gedung perkuliahan kembali dibangun di 25 PTKIN. Selain itu, dibangun juga 5 gedung perpustakaan, 5 laboratorium, 5 ruang dosen dan 1 auditorium. Total biaya pembangunan saat itu sebesar Rp 895 miliar.

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment