Pasar Modal Syariah
721 views

2016, BEI akan Dirikan 10 Galeri Investasi Syariah

by on 04/02/2016
 

Galeri Investasi Syariah pertama telah didirikan tahun lalu di Universitas Islam Indonesia.

idx

Ilustrasi BEI. Foto: Bisnis.com

Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Nicky Hogan menuturkan, salah satu upaya BEI untuk meningkatkan jumlah investor syariah adalah dengan mendirikan Galeri Investasi Syariah. “Per akhir Desember lalu kami sudah mulai mendirikan Galeri Investasi khusus syariah di Yogyakarta,” katanya saat ditemui MySharing di Pesta Reksa Dana 2016.

Saat ini sudah ada lebih dari 150 Galeri Investasi di Indonesia. Di tahun ini, lanjutnya, jumlah Galeri Investasi pun akan bertambah. “Kami sudah buka Galeri Investasi Syariah yang pertama tahun lalu dan tahun ini targetnya akan ada tambahan khususnya untuk yang syariah,” ujar Nicky.

Nicky mengungkapkan pada 2016 pihaknya secara keseluruhan menargetkan tambahan total 50 Galeri Investasi yang akan menjadi salah satu media edukasi terkait pasar modal. “Mudah-mudahan di antara itu minimal ada 5 sampai 10 Galeri Investasi yang syariah,” ungkapnya.

Pada akhir Januari 2016 BEI pun telah menjalin kerja sama dengan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin untuk mendirikan Galeri Investasi. Kerja sama itu terjalin antara IAIN Antasari Banjarmasin, BEI, dan Reliance Securities.

Berdasar Statistik Pasar Modal Syariah Direktorat Pasar Modal OJK per November 2015 jumlah saham yang masuk dalam Daftar Efek Syariah berjumlah 335 saham. Kapitalisasi pasar Indeks Saham Syariah Indonesia tercatat mencapai Rp 2.556 triliun.

Per November 2015 ada 335 saham dalam Daftar Efek Syariah dengan kapitalisasi Indeks Saham Syariah Indonesia Rp… Click To Tweet

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment